ENDRA KURNIAWAN, 2823133050 (2017) STRATEGI PENANGANAN PEMBIAYAAN BERMASALAH DI BAITUL MAAL WA TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI KANTOR CABANG LODOYO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (922kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Endra Kurniawan, 2017, Strategi penanganan pembiayaan bermasalah di Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing Rohmawati, M.A.NIP. 197701042009012003. Penelitian ini memfokuskan untuk menganalisis Strategi penanganan pembiayaan bermasalah di Baitul Maal Wa Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar. Fokus masalah yang terdapat di dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembiayaan di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar? (2) Apasaja faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar? (3) Bagaimana strategi penanganan yang dilakukan BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar dalam mengatasi pembiayaan bermasalah? Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Objek penelitian ini di BMT UGT Sidogiri Cabang Lodoyo Blitar. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknk analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa Strategi penanganan pembiayaan yang digunakaan BMT UGT Sidogiri Kantor Cabang Lodoyo Blitar dengan menilai aspek (1) pelaksanaan pembiayaan dengan penilaian 5C (character, capacity, capital, collateral, condition), (2) faktor pemyebab pembiayaan murabahah bermasalah meliputi faktor internal dan eksternal seperti, analisis kurang tepat, penyimpangan pembiayaan, kurangnya SDM, penjualan terlalu optimis, karakter buruk anggota, musibah, kemampuan anggota, penurunan usaha, (3) penanganan pembiayaan bermasalah dengan teknik Controling (pengontrolan), Rescheduling (Penjadwalan ulang), Reconditioning (Persyaratan ulang), Restructuring (Penataan ulang), Penagihan secara intensif. Selain itu BMT UGT Sidogiri Cabang Lodoyo Juga mempunyai strategi atau alternatif penanganan lain, yang meliputi: penagihan lewat SMS sebanyak tiga kali, ditelepon sebanyak tiga kali,dikunjungi dan diberi surat peringatan sebanyak tiga kali, jika masih belum ada niatan untuk melunasi maka akan dilakukan pengambilan jaminan yang telah diserahkan kepada pihak BMT UGT Sidogiri Cabang Lodoyo Blitar. Kata kunci: Pembiayaan Bermasalah, Strategi Penanganan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | SE 2823133050 ENDRA KURNIAWAN |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:17 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6678 |
Actions (login required)
View Item |