AKHMAD KHOTIB, 1756154008 (2017) METODE GURU MEMOTIVASI ANAK DALAM PEMBINAAN HAFALAN AL-QURAN (STUDI MULTI SITUS DI PONDOK TAHFIDZ “YANBU’UL QURAN” ANAK-ANAK KUDUS DAN PONDOK TAHFIDZ PUTRI ANAK “YANAABII’UL QURAN KUDUS). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (429kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (233kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (391kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (138kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Akhmad Khotib, 2017, “Metode Guru Memotivasi Anak dalam Pembinaan Hafalan Al-Quran (Studi Multi Situs di Pondok Tahfidz “Yanbu’ul Quran” Anak-Anak Kudus dan Pondok Tahfidz Putri Anak “Yanaabii’ul Quran Kudus)”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Tulungagung. Pembimbing: (1) Dr. H. Kojin, MA. dan (2) Dr. Erna Iftanti, M.Pd. Kata Kunci: Metode Motivasi , Hafalan Al-Quran Dalam dunia pendidikan motivasi memiliki posisi yang sangat penting. Potensi yang dimiliki anak didik tidak bisa maksimal tanpa adanya sesuatu yang mendorong mereka. Guru adalah salah satu figur yang menentukan. Apalagi materi yang difokuskan di sini adalah menghafal Al-Quran, materi yang sangat berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode guru memotivasi anak, gambaran hasil motivasi serta kendala dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala dari motivasi tersebut. Sehingga penelitian ini bisa menggali dan mengungkap permasalahan yang terkait metode motivasi guru terhadap anak didik, dan pelajaran apa yang bisa diambil dari lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jika dilihat dari sumber penelitian maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian berada di Pondok Tahfidz “Yanbu’ul Quran” Anak-anak kudus dan Pondok Putri Tahfidz Anak “Yanaabii’ul Quran” Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Keabsahan data menggunakan teknik tertentu dengan menguji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode motivasi yang disampaikan oleh guru terhadap anak didik/santri di antaranya adalah berupa nasehat/ceramah, memberikan reward (hadiah) dan punishment (hukuman), serta motivasi keteladanan. Gambaran hasil motivasi itu sangat baik, menjadikan anak semakin giat dan kuat, hasilnya hafalan Al-Quran anak-anak semakin banyak dan lancar tiap harinya sehingga khatam lebih cepat. Kendala yang sering dihadapi di antaranya adalah yang berkaitan dengan lingkungan sosial (ketidakcocokan karakter anak dengan guru, rindu orang tua, dan lain-lain), serta fisik (sakit) dan psikis (bakat, minat, kecerdasan, dan lain-lain). Solusinya adalah dengan menyesuaikan masing-masing kasus. Di antaranya dengan merotasi anak dengan guru yang lain, berkomunikasi dengan orang tua, memeriksakan ke dokter, menyeleksi secara ketat pada saat pendafataran santri baru dan mengkompetisikan dengan teman-temannya. Sehingga setelah semua kendala teratasi maka motivasi yang diberikan guru bisa maksimal. Jangka panjangnya motivasi yang awalnya ekstrinsik itu bergeser atau berubah menjadi motivasi intrinsik. Peneliti berharap hasil penelitian ini memberikan sumbangsih terhadap peningkatan pembinaan hafalan Al-Quran baik di kedua lokasi maupun di lembaga-lembaga pendidikan hafalan Al-Quran anak yang lain.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756154008 AKHMAD KHOTIB |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 06:50 |
Last Modified: | 27 Nov 2017 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6681 |
Actions (login required)
View Item |