PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA DALAM MEMBENTUK SEKOLAH EFEKTIF (Studi Multisitus di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek dan MA Al Anwar Durenan Trenggalek)

MOHAMAD FUAD ZEN, 175615036 (2017) PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA DALAM MEMBENTUK SEKOLAH EFEKTIF (Studi Multisitus di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek dan MA Al Anwar Durenan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (252kB)

Abstract

Zen, Mohamad Fuad. Tesis dengan judul “PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA DALAM MEMBENTUK SEKOLAH EFEKTIF (Studi Multisitus di MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek dan MA Al Anwar Durenan Trenggalek)”, dengan dibimbing oleh (1) Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag, dan (2) Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata kunci: Nilai religius, Sekolah Efektif, Pendidikan Islam. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi dua hal. Pertama, oleh fenomena di masyarakat dimana akhir-akhir ini para orang tua peserta didik cenderung untuk memilihkan bagi anak-anaknya sekolah lanjutan yang terintegrasi dengan program keagamaan (yang belakangan di miliki oleh Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun Madrasah Aliyah), yang mana tujuan dan materi pembelajarannya tidak hanya materi pelajaran umum tapi juga materi agama islam dan diiringi dengan pendidikan karakter yang dimasukkan dalam proses mengajar mengajarnya. Yang kedua adalah bahwa adanya visi dan misi dari sekolah-sekolah berbasis keagamaan tersebut untuk menjadi sekolah yang efektif dengan memaksimalkan sumber daya yang ada demi berlangsungnya pembelajaran dan output peserta didik yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai religius untuk membentuk sekolah efektif di MA Al Anwar Durenan Trenggalek dan MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek? 2) Bagaimana pendekatan nilai religius yang terjadi di MA Al Anwar Durenan Trenggalek dan MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek? 3) Bagaimana metode penerapan nilai religius dalam membentuk sekolah efektif di MA Al Anwar Durenan Trenggalek dan MA Nurul Falah Pogalan Trenggalek? Jenis penelitian ini adalah kualitatif multisitus, subyek penelitian terdiri dari Madrasah Aliyah Nurul Falah Pogalan Trenggalek dan Madrasah Aliyah Al Anwar Durenan Trenggalek. Jenis penelitian ini dipilih karena kedua obyek mempuyai persamaan didalam: 1) latar belakang masalah, 2) subyek penelitian, 3) fenomena, dan 4) karakter tempat penelitian, Manfaat tesis ini bagi penulis sendiri adalah untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, dan pengalaman, sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami hakikat dari sebuah penanaman religiusitas dan hubungannya dengan peningkatan sebuah sekolah untuk menjadi sekolah efektif. Konsep penanaman religiusitas ini walaupun secara eksplisit tidak dijabarkan dalam keriteria sebuah sekolah efektif, tapi di titik point inilah penulis mencoba menghubungkannya untuk menjadi sebuah kriteria akan ke efektifan sebuah sekolah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zen 175615036 Mohamad Fuad Zen
Date Deposited: 29 Nov 2017 06:09
Last Modified: 29 Nov 2017 06:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6710

Actions (login required)

View Item View Item