MIFTAKHURROHMAH, 2811133153 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (739kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (831kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (511kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (658kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (337kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (211kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (302kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Kauman Tulungagung” ini di tulis oleh Miftakhurrohmah, NIM. 2811133153, dosen pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Upaya guru, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Penelitian ini di latar belakangi karena SMAN 1 Kauman Tulungagung tergolong sekolah umum dan tidak tergolong sekolah yang berbasis agama tetapi di sekolah ini memiliki banyak kegiatan keagamaan. Salah satu alasan yang mendasari begitu banyak kegiatan keagamaan yang di laksanakan adalah untuk meningkatkan karakter religius yang telah dimiliki siswa. Jadi siswa dan siswi di SMAN 1 Kauman Tulungagung ini diberikan pembekalan agar mereka terhidar dari berbagai pengaruh negative dari luar yang sewaktu – waktu dapat mempengaruhi mereka. Dan salah satu orang yang bertugas dalam meningkatkan karakter religius siswa ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, didasarkan oleh hal tersebut peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMAN 1 Kauman Tulungagung melalui kegiatan Sholat Dhuhur berjamaah, kegiatan infaq, dan kegiatan tadarus. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan sholat Dhuhur berjamaah di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegian infaq di SMAN 1 Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan tadarus di SMAN 1 Kauman Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan sholat Dhuhur berjamaah di SMAN 1 Kauman Tulungagung. (2) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan infaq di SMAN 1 Kauman Tulungagung. (3) Untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter religius melalui kegiatan tadarus di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi di SMAN 1 Kauman Tulungagung, dan cara yang dilakukan untuk memperoleh data melalui, (1) Observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Kemudian menggunakan teknis analisis data dengan menggunakan (1) Reduksi Data (2) Penyajian Data (3) Penarikan Kesimpulan. Juga melaksanakan pengecekan kabsahan data dengan menggunakan (1) Perpanjangan Keikusertaan (2) Ketekunan Pengamatan (3) Triangulasi (4) Pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, peliti mendapatkan kesimpulan bahwa : (1) Upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan Sholat Dhuhur berjamaah di SMAN1 Kauman Tulungagung, dilaksanakan melalui penanaman nilai - nilai seputar sholat berjamaah dengan menggunakan metode ceramah dan metode uswatun khasanah, menjelaskan materi mengenai sholat pada hampir setiap pertemuan dan proses pembelajaran di dalam kelas, melakukan pemotong waktu belajar mengajar dan memasuki kelas lebih awal dari semestinya untuk melaksanakan sholat berjamaah, berkeliling ke setiap kelas dan mengajak siswa untuk sholat Dhuhur berjamaah di Mushola, bekerja sama dengan ektrakulikuler remaja masjid, memberlakukan absensi kepada kelas yang diajar dan dari absensi tersebut digunakan untuk memberikan apresiasi kepada siswa yang rutin dan aktif melaksanakan sholat Dhuhur berjamaah. (2) Upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui kegiatan infak di SMAN 1 Kauman Tulungagung, dilaksanakan dengan menyediakan kotak amal pada masing – masing kelas, menanamkan nilai – nilai berinfak dengan mendalam dan berdasarkan fakta yang ada., serta mengajarkan materi mengenai infak dan sodaqoh dengan menggunakan metode tanya jawab dan ceramah dengan menggunakan strategi CTL, dan upaya terakgir yang dilakukan guru yaitu melalui pembiasaan (3) Upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter religius siswa melalui keiatan tadarus, dilaksanakan dengan melakukan pendampingan pada saat pelaksanakaan kegiatan berkerja sama dengan wali kelas dan anggota ektrakulikuler remaja masji, mengamati penggunaan HP siswa agar tidak disalah gunakan, mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan siswa, mendatangkan tutor dari luar, serta memberlakukan absensi, dan absensi ini berpengaruh terhadap apresiasi yang diberikan guru berupa tambahan nilai kepada siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12506174045 MIFTAKHURROHMAH |
Date Deposited: | 08 Dec 2017 06:33 |
Last Modified: | 08 Dec 2017 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6716 |
Actions (login required)
View Item |