MUJAHID HAIDAR ASSIDIQI, 2811133186 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (522kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (668kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pembentukan Karakter Religius melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung” ini ditulis oleh Mujahid Haidar Assidiqi, NIM. 2811133186, Pembimbing Drs.H.Muh Kharis,M.pd. Kata kunci : Karakter Religius, Kegiatan Ekstrakurikuler Latar belakang penelitian :Kegiatan keagamaan merupakan salah satu upaya membentuk Karakter santri, sehingga santri memiliki karakter yang islami dan berbudi luhur. Dalam hal ini, kegiatan keagamaan berupa ekstrakurikuler pondok pesantren lebih menekankan keterlibatan santri dalam proses belajar agama secara aktif. santri dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan keagamaan yang ia pelajari. oleh karena itu, salah satu faktor perkembangan karakter religius santri tergantung kepadaproses pendidikan yang ditempuh atau yang diterima, dalam hal ini adalah kegiatan ekstrakurikuler. Dengan demikian, melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan karakter religiuspeserta didik dapat terbentuk menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter islami dan bermartabat. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Pembentukan Karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler Qiro’ah di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ? (2) Bagaimana Pembentukan karakter religius melalui kegiatan Ekstrakurikuler Khitobah di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ? (3) Bagaimana pembentukan karakter religiusmelalui kegiatan Ekstrakurikuler Syawir di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ? Tujuan dari Penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui Pembentukan Karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler qiro’ah di pondok pesantren panggung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui Pembentukan karakter religius melalui kegiatan Ekstrakurikuler khitobah di pondok pesantren panggung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pembentukan karakter religius melalui kegiatan Ekstrakurikuler sya’wir di Pondok pesantren panggung Tulungagung. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapundata diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metodepengumpulan sumber data primer diperoleh dari wawancara, observasidan dokumen pokok. Sedangkan, data sekunder, berasal dariwawancara, data kepustakaan, buku dan literature lainnya sebagaipelengkap data primer. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datayang digunakan, yaitu: observasi, wawancara serta dokumentasi.Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian: (1) Pengajaran Qira’ah di Pondok pesantren panggung merupakan suatu bentuk kegiatan sebagai penyaluran bakat minat santri dan mengembangkan keterampilan santri dalam bidang seni membaca Al-Qur’an. Kegiatan Ekstrakurikuler Qiro’ah di pondok pesantren Panggung membangun Karakter religius kepribadian santri diantaranya adalah toleransi, amanah, adil, ikhlas, sabar, selalu bersyukur dan tekun beribadah. (2) Pembentukan karakter religius melalui adanya kegiatan ekstrakurikuler khitobah di pondok pesantren panggung merupakan suatu bentuk pengembangan yang di berikan kepada setiap individu, kuhususnya dalam mencerdaskan santri. Dengan adanya kegiatan ini, santri pondok pesantren panggung tulungagung mempunyai mental keberanian serta tertanam percaya diri danmental yang kuat. (3) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler sya’wir di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung merupakan kegiatan diskusi untuk mengembangkan ketrampilan dan kecakapan santri untuk memecahkan suatu masalah, timbulnya saling menghargai pendapat orang lain. Berlaku adil, mengembangkan akal untuk selalu berifkir,memberikan pemahaman kepada setiap santri mengenai suatu masalah yang berkaitan dengan fenomena kehidupan sosial dan keagamaan. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pembentukan karakter religius melalui kegiatan qiro’ah, Khitobah,sya’wir dapat mengembangakan potensi yang dimilkinya sesuai dengan kempapuan diri sehingga dengan adanya pendidikan ini akan yang mengarahkan pada nili-nilai karakter dan religius, kepribadian yang berupa kebernaian, sabar, ikhlas,dan selalu berusykur dan rendah hati. Yang dapat diamalakan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUJAHID 2811133186 HAIDAR ASSIDIQI |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 07:03 |
Last Modified: | 30 Nov 2017 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6730 |
Actions (login required)
View Item |