KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

NURUL ISTIQOMAH, 2811133210 (2017) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN RANAH AFEKTIF SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Nurul. 2811133210. 2017, Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Mengembangkan Ranah Afektif Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah. M.Pd.I Kata kunci: Kepribadian Guru, Ranah Afektif Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kepribadian seorang guru untuk mengembangkan ranah afektif, karena di dalam proses pembelajaran seorang Guru harus mempunyai pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugasnya yang terdiri dari kompetensi keteladanan, kedisiplinan dan kemandirian. Sehingga siswa mempunyai perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri dalam kehidupan sehari-hari. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini,1) Bagaimana gambaran kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana karakteristik kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi penelitihan, sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, sajian data, verifikasi dan kesimpulan data. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi, perpanjangan waktu, pemeriksaan teman sejawat. Tahap-tahap penelitihan mencangkup tahap pendahuluan atau persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian: 1) Kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa adalah sikap dan tingkah laku yang baik, patut untuk diteladani dan menjadi cerminan untuk peserta didik, mampu mengembang potensi dalam diri, serta yang paling utama bagi seorang guru yang berkepribadian yaitu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi norma agama, hukum dan sosial yang berlaku. 2) Karakteristik kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa adalah demokratis, suka bekerja sama, baik hati, sabar, adil, konsisten, bersifat terbuka, suka menolong, ramah tamah, suka humor, memiliki bahan pelajaran, bersikap fleksible, menaruh minat yang baik kepada peserta didik. 3) faktor penghambat dan pendukung kompetensi kepribadian guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif siswa. a faktor pendukung tersebut antara lain: keinginan untuk menjunjung tinggi mutu pekerjaan, menjaga harga diri dalam melaksanakan pekerjaan, keinginan untuk memberikan layanan kepada masyarakat melalui karya profesionalnya. b. faktor penghambat tersebut antara lain: guru yang malas, guru yang pudar guru yang tua, guru yang kurang demokratis, guru yang suka menentang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 2811133210 nurul istiqomah
Date Deposited: 11 Dec 2017 01:54
Last Modified: 11 Dec 2017 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item