PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

MUHAMAD KHOLIKUL IHSAN, 2817133114 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (780kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Kholikul Ihsan Nim 2817133114. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiya (PGMI) dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif , Numbered Heads Together, Hasil Belajar Fiqih. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran di sekolah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan. Salah satunya yaitu di MIN Pandansari. sehingga berdampak rendahnya hasil belajar siswa. proses pemebelajaran di MIN Pandansari tidak selalu berjalan maksimal salah satunya pada mata pelajaran fiqih, hasil belajar siswa relatif rendah karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Padahal dalam pembelajaran fiqih ada beberapa model pembelajar yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, yaitu suatu medel pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk aktif dan bertujuan agar peserta didik saling bekerjasama, mempunya jiwa kemandirian, keaktifan dalam proses pembelajaran serta menumbuhkan daya hasil belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan keaktifan Peserta Didik pada mata pelajaran Fiqih materi Puasa Ramadhan melalui penerapan model kooperatif Numbered Heads Together peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?. 2) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Fiqih materi Puasa Ramadhan melalui penerapan model kooperatif Numbered Heads Togethers peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2017/2018?. 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Puasa Ramadhan melalui penerapan model kooperatif Numbered Heads Togethers peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran dikelas sebagai upaya meningkatkan keaktifan, kerjasama, dan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah kelas III MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antaralain: observasi, wawancara, tes, dokumentasi, catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup: Reduksi Data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 75% dari peserta didik mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 74. Prosedur penelitian diawali dengan kegiatan guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pre test untuk mengukur pemahaman materi yang diajarkan pda kegiatan inti guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang setiap siswa diberi nomer berbeda-beda untuk mencari penemuan dari masalah yang diberikan oleh guru melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Pada kegiatan akhir guru dan siswa menyimpulkan materi bersama-sama kemudian memberikan post test untuk mengetahui tingkat kemampuan hasil belajar peserta didik. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik. Pada pre test di peroleh nilai rata 57,625 menjadi 69,5 pada post test siklus I. Rata-rata siklus I tersebut meningkat pada post test siklus II menjadi 76,125. Presentase peserta didik yang menuntaskan KKM pada siklus I juga meningkat yang semula 8,3 % (Pre test) menjadi 41,6 % (post test) siklus I. Presentase peserta didik yang menuntaskan KKM pada siklus II sebesar 83,3 % ini membuktikan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Pada Materi Puasa Ramadhan Pada Peserta Didik Kelas 1II MIN Pandansari Ngunut Tulungagung”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133114 MUHAMAD KHOLIKUL IHSAN
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:51
Last Modified: 06 Dec 2017 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6776

Actions (login required)

View Item View Item