Ivantri, Rohmah (2013) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan Bilangan Pecahan Siswa Kelas IV-B di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 IF_FANTRI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 IF_FANTRI Fix.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 IF_FANTRI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4 IF_FANTRI Fix.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 IF_FANTRI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (124kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Penjumlahan Bilangan Pecahan, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV-B di MIN Jeli, Karangrejo. Hal itu disebabkan, karena ketidaksukaan siswa terhadap matematika yang menjadikan siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Disebabkan juga sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Dan permasalahan lain yaitu siswa menyelesaikan soal penjumlahan bilangan pecahan cara penyelesaiannya selalu dianggap sama dengan cara menyelesaikan operasi pada bilangan cacah. Dalam materi penjumlahan bilangan pecahan ini, peneliti mengunakan model pembelajaran berbasis masalah sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan siswa kelas IV-B di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013?, 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan siswa kelas IV-B di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013 ? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan siswa kelas IV-B di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan bilangan pecahan siswa kelas IV-B di MIN Jeli Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MIN Jeli Karangrejo dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. xv Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika siswa kelas IV-B MIN Jeli, Karangrejo. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran matematika, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami materi penjumlahan bilangan pecahan dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada keberhasilan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi penjumlahan bilangan pecahan di kelas IV-B MIN Jeli, Karangrejo, Tulungagung, yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terbagi menjadi 3 tahap, yaitu: 1) tahap awal, 2) tahap inti, dan 3) tahap akhir. Tahap awal meliputi : 1) membuka pelajaran dan memeriksa kehadiran siswa, 2) menyampaikan tujuan pembelajaran, 3) apresepsi, 4) memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pelajaran. Tahap inti meliputi: 1) membagi siswa kelas IV-B menjadi 5 kelompok secara heterogen, 2) menyampaikan atau mengajukan permasalahan, 3) membagikan media dan diskusi kelompok, 4) membimbing siswa menyelesaikan tugas kelompok, 5) mempresentasikan hasil kerja kelompok, 6) memberikan penguatan, 7) evaluasi dengan memberikan soal latihan pada siswa. Tahap akhir, yaitu: Tahap akhir, yaitu: 1) Menyimpulkan hasil pembelajaran dan yang paling terakhir, 2) Pemberian soal tes evaluasi (post test) secara individu. Ditunjukkan pula adanya peningkatan Prestasi belajar siswa mulai pre test, post test siklus 1, sampai post test siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 37,39 (pre test), meningkat menjadi 67,83 (post test siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 96,95 (post test siklus 2). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat Pre Test presentasenya 21,05%, meningkat pada hasil post test siklus 1, persentase ketuntasan belajar 56,52% kemudian meningkat lagi pada hasil post test siklus 2, persentase ketuntasan belajar 82,61%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV-B MIN Jeli, Karangrejo, Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 03:58 |
Last Modified: | 07 Jan 2015 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
View Item |