VIVI PARNITA SARI, 2811133273 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMP MAMBA’UL HISAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (348kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (99kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (419kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa Di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Vivi Parnita Sari, NIM.2811133273. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dbimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. NIP. 19651215 200312 2 001 Kata kunci: Pendidikan Karakter, Perilaku Siswa (Perilaku Religius, Jujur, Toleransi, dan Peduli Sosial). Penelitian inidilatar belakangi oleh pendidikan yang hanya mengutamakan potensi ranah kognitif saja telah encetak generasi penerus bangsa yang hanya pintar dalam segi kognitif tetapi lemah dalam segi afektif dan psikomotorik. Akibat dari hal ini diantaranya adalah anak begitu pandai tetapi belum tentu memiliki perilaku yang mulia. Pembentukkan karakter sangat sangat penting di implementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya di sekolah untuk merubah perilaku peserta didik yang kurang baik menjadi baik, atau akhlakul karimah. Untuk mewujudkan perilaku yang baik dan mulia dalam diri peserta didik, maka di sekolah perlu diadakan konsep pembentukkan karakter dan penanaman nilai-nilai dari karakter itu sendiri seperti perilaku religus, jujur, toleransi, dan peduli sosial. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pembelajaran pondok pesantren terhadap pembentukkan karakter peserta didik di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku religius siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar?, (2) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku jujur siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar?, (3) Adakah pendidikan karakter terhadap perilaku toleransi siswa di SMP Mamba’ul Hisan Ganduasari Blitar?, (4) Adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku peduli sesama siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku religius siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku jujur siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. (3) Untuk mengetahui adakah pendidikan karakter terhadap perilaku toleransi siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku peduli sesama siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi peserta didik SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar yang terdiri dari 129 peserta didik. Teknik sampling yaitu Stratified Random Sampling, teknik ini bisa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis. Adapun sampel penelitian ini adalah 97 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan interview. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah MANOVA. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku religius siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (15,891 > 2,70). Nilai signifikansi untuk variabel pendidikan karakter terhadap perilaku religius siswa adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (7,373 > 2,70). Nilai signifikansi untuk variabel perilaku jujur terhadap pembentukkan karakter adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku toleransi siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gnadusari Blitar yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (14,618 > 2,70). Nilai signifikansi untuk variabel pendidikan karakter terhadap perilaku toleransi siswa 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku peduli sesama siswa di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (7,373 > 2,70). Nilai signifikansi untuk variabel pendidikan karakter terhadap perilaku peduli sesama siswa 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, pengujian menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. (5) ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap perilaku siswa (perilaku religiius, jujur, toleransi, peduli sesama) di SMP Mamba’ul Hisan Gandusari Blitar yang ditunjukkan dari uji Multivariate Test dengan hasil nilai F pada uji Pillai’s Trace (8,479), Wilks’ Lambda (11,457), Hotelling’s Trace (15,774), Roy’s Largest Root (36,288) dengan masing-masing mempunyai tingkat signifikansi 0,000. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133273 VIVI PARNITA SARI |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 04:15 |
Last Modified: | 07 Dec 2017 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6792 |
Actions (login required)
View Item |