ULPI NGAPIPAH, 1755154044 (2017) KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (290kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “ Kegiatan Keagamaan dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik (Studi multi situs di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung)” ditulis oleh Ulpi Ngapipah ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr.Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Peningkatan Karakter Agama merupakan dasar utama dalam mendidik anak-anaknya melalui jalan pendidikan. Karena dengan menanamkan nilai- nilai agama akan sangat membantu terbentukya sikap dan kepribadian anak kelak pada usia dewasa. Melalui kegiatan-kegiatan keagamaan diharapkan dapat mewujudkan peningkatan karakter peserta didik. Krisis moral dan kepribadian yang menunjukkan betapa rendahnya karakter diri bangsa Indonesia. Dampak globalisasi yang begitu hebat memang mampu membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa padahal pendidikan karakter salah satu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Dari berbagai peristiwa saat ini mulai dari tawuran antar pelajar, pengrusakan fasilitas pendidikan, kenakalan remaja, sampai pembunuhan sesama pelajar telah menunjukkan betapa rendahnya karakter diri bangsa Indonesia. Melalui pendidikan karakter diharapkan dapat membentuk dan membangun pola fikir dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlaqul karimah, berjiwa luhur dan bertanggung jawab. Bahwa proses yang dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik melalui; sosialisasi, internalisasi, pembiasaan, dan pembudayaan sekolah. Sehingga peserta didik dapat tertanam dan meningkatkan nilai-nilai positif, menjadi pribadi yang unggul dan bermartabat. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah kegiatan keagamaan dan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini :1) Apa bentuk-bentuk kegiatan keagamaan di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung, 2) Bagaimana proses kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter preserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung, 3) Bagaimana sistem evaluasi kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) Bentuk –bentuk kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung, 2) Proses kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung, 3) Sistem evaluasi kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara dekriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data situs dan analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan ketekunan/ keajegan pengamatan. Tahap dalam penelitian ini meliputi: tahap sebelum ke lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Bentuk –bentuk kegiatan keagamaan yang dirancang guru dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung meliputi: kegiatan pembiasaan rutin maupun kegiatan pada hari tertentu yang meliputi; bermusafahah setiap datang dan pulang sekolah, pembiasaan doa-doa sebelum kegiatan, sholat Dhuha, sholat Dhuhur, yasin tahlil, tahfidz, pondok Romadhon dan PHBI, (2) Proses kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, penanaman pengetahuan islami, pemberian hukuman/teguran dan reward dan kerjasama dengan orang tua/wali murid, (3) Sistem evaluasi kegiatan keagamaan dalam peningkatan karakter peserta didik di MIN Model Prigi Trenggalek dan MIN Tunggangri Tulungagung melalui; pengamatan keantusiasan dan keistiqomahan siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan, dan Sistem evaluasi peserta didik kelas 1, 2, 4 dan 5 melalui sikap spiritual dalam K13, sedangkan untuk kelas 3 dan 6 melalui pendidikan agama, seperti: Al Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154044 ULPI NGAPIPAH |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 06:45 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6806 |
Actions (login required)
View Item |