KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA BERDASARKAN MODEL POLYA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs SUNAN AMPEL PARE KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

NOVIKA RAHMAWATI, 2814133136 (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERBENTUK SOAL CERITA BERDASARKAN MODEL POLYA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII MTs SUNAN AMPEL PARE KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novika Rahmawati, 2814133136, 2017, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Berdasarkan Model Polya Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII MTs Sunan Ampel Pare Kediri Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Polya, SPLDV Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Di satu sisi pemecahan masalah matematika sangat penting, namun di sisi lain siswa sering mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematika. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa di Indonesia dibuktikan oleh hasil tes yang dilakukan oleh dua studi internasional, Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2012 dan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah siswa MTs Kelas VIII berdasarkan model Polya ditinjau dari kemampuan matematikanya yaitu, siswa dengan kemampuan matematikanya tinggi, siswa dengan kemampuan matematikanya sedang, dan siswa dengan kemampuan matematikanya rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Sunan Ampel Pare Kediri. Sumber data adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 30 siswa, kemudian dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian, yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan tinggi mempunyai kemampuan pemecahan masalah sangat baik dengan nilai rata-rata 95. 2) Siswa dengan kemampuan sedang mempunyai kemampuan pemeecahan masalah sangat baik dengan nilai rata-rata 87. 3) Siswa dengan kemampuan sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah cukup dengan nilai rata-rata 62.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133136 Novika Rahmawati
Date Deposited: 22 Dec 2017 01:24
Last Modified: 22 Dec 2017 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6848

Actions (login required)

View Item View Item