PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

WIJI LESTARI, 2814133200 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Wiji (..................). 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi untuk juran Tadris Matemtaika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung. Pembimbing: Hj. Umy Zahro, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Posing, Kemampuan berpikir Kritis, Hasil Belajar, Pada umumnya guru mengajar hanya menyampaikan apa yang ada di buku paket dan kurang mengakomodasi kemampuan berpikir siswa. Sehingga guru cenderung tidak mengajar secara bermakna. Cara mengajar yang dilakukan guru cenderung bersifat monoton membuat siswa kurang memiliki minat untuk belajar dan siswa cinderung pasif dalam pembelajaran di dalam kelas sehingga hasil belajar siswa rendah. Sehubungan dengan hal di atas peneliti ingin mengkaji mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif. Inovasi tersebut adalah model pembelajaran Problem Posing. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing Terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir Tahun Ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir yang berjumlah 162 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian setelah diuji menggunakan rumus t-test yang pertama adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir tahun ajaran 2016/2017. Hasil hitung, pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai t_hitung jauh lebih besar dari pada t_tabel. Dari nilai t ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: t_t (5%=2,008)<3,93. Yang kedua adalah ada pengaruh positif yang signifikan antara penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 3 Kalidawir tahun ajaran 2016/2017. Hasil hitung, pada taraf signifikansi 5% ternyata nilai t_hitung jauh lebih besar dari pada t_tabel. Dari nilai t ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: t_t (5%=2,008)<6,38.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133200 WIJI LESTARI
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:49
Last Modified: 14 Dec 2017 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item