PROSES SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 01 WONODADI

HERMIN ANDAYANI, 2814133078 (2017) PROSES SCAFFOLDING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 01 WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Scaffolding untuk mengatasi kesulitan siswa dalam Pemecahan masalah Kubus dan Balok kelas VIII SMP Negeri 01 Wonodadi” ditulis oleh Hermin Andayani, NIM 2814133078, Pembimbing Ummu Sholihah,M.Si Kata Kunci: Scaffolding,kesulitan, PemecahanMasalah. Fenomena bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga menjadi momok menakutkan bagi siswa sehingga minat terhadap pelajaran matematika sangat rendah, kesulitan yang dihadapi siswa merupakan akibat dari kurangnya pemahaman dan minat siswa dalam memahami materi yang telah diajarkan oleh guru. oleh karena itu salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajarnya adalah dengan adanya scaffolding. Dengan scaffolding anak akan mampu belajar maksimal dengan adanya bantuan orang dewasa atau orang yang lebih ahli. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi oleh siswa pada saat pemecahan masalah pokok bahasan kubus dan balok. 2) mendeskripsikan proses pemberian Scaffolding sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pemecahan masalah pokok bahasan kubus dan balok. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenis penelitianya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, wawancara serta dokumentasi. subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMPN 01 Wonodadi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) kesulitan yang banyak dialami oleh siswa adalah kesulitan konsep dimana siswa kurang memahami konsep kubus dan balok serta kesulitan ketrampilan (skill) dalam pengoperasian aljabar. 2) Proses pemberian scaffolding kepada keempat subyek penelitian diberikan berdasarkan tingkat kesulitan masing- masing. Scaffolding yang diberikan berdasarkan teori Anghleri yaitu explaining, reviewing. Restructuring dan developing conceptual thinking. Dengan memberikan scaffolding dapat membatu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam menyelesaiakan masalah pokok bahasan kubus dan balok dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133078 HERMIN ANDAYANI
Date Deposited: 14 Dec 2017 06:12
Last Modified: 14 Dec 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item