KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

RUBIATUL LAILY YULIA, 2814133165 (2017) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMP NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Segiempat di SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Rubiatul Laily Yulia, NIM. 2814133165, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Koneksi Matematika, Segiempat Latarbelakang penelitian ini adalah pemahaman bahwasannya topik-topik dalam matematika tidaklah berdiri sendiri-sendiri, melainkan antara satu dengan yang lainnya saling terkait sehingga pentingnya kemampuan koneksi matematis untuk dikuasai oleh semua siswa guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Dengan menguasai koneksi matematis, siswa akan mengetahui bahwasannya antar ide dalam matematika itu saling terkait, ide-ide matematika juga diterapkan dalam mata pelajaran lain dan matematika juga digunakan pada kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan tinggi pada materi segiempat, (2) menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan sedang pada materi segiempat, serta (3) menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan rendah pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes tertulis tersebut diikuti oleh 6 siswa kelas VII G yang mewakili tingkatan kemampuan siswa yakni berkemampuan tinggi, sedang, rendah dengan mengerjakan 3 butir soal. Kemudian melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai data penunjang. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal segiempat dapat mengkoneksikan ide-ide dalam materi tersebut dengan ide-ide pada materi lain dalam matematika, dapat mengkoneksikan konsep segiempat dengan konsep materi pada matapelajaran lain, sekaligus dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika. (2) Siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal segiempat hanya dapat memanfaatkan gagasan-gagasan yang ada pada soal untuk mengerjakan soal tetapi siswa tidak dapat mengenali dan menggunakan hubungan antar ide-ide dalam matematika, siswa tidak dapat mengkoneksikan konsep dalam matematika dengan konsep di luar matematika dan tidak dapat mengkoneksikan antara kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari yang terkait dengan segiempat. (3) Siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal segiempat tidak dapat mengkoneksikan ide-ide dalam matematika, tidak dapat mengkoneksikan konsep dalam matematika dengan konsep di luar matematika, dan tidak dapat mengkoneksikan kejadian yang ada pada kehidupan sehari-hari ke dalam model matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133165 RUBIATUL LAILY YULIA
Date Deposited: 28 Dec 2017 07:11
Last Modified: 28 Dec 2017 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6885

Actions (login required)

View Item View Item