PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

INTAN NIHAYATUS SHOVIA, 2811133110 (2017) PENGARUH KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Nihayatus Shovia, NIM. 2811133110, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd, NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci: Kompetensi Guru PAI, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan kualitas dalam pendidikan. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial yang merupakan dasar dari kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai jika kualitas pendidik juga tinggi. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus mengembangkan kompetensi dasar yang dimilikinya. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui gambaran umum tentang kondisi kompetensi guru PAI dan minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru PAI dalam bidang pedagogik terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. (3) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru PAI dalam bidang kepribadian terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. (4) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru PAI dalam bidang profesional terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. (5) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru PAI dalam bidang sosial terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. (6) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Guru PAI secara keseluruhan terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 1641 siswa. Jumlah sampel berdasarkan tabel Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 1% yaitu sebanyak 469 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil Penelitian: (1) kompetensi pedagogik guru PAI di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung berada pada interval 58-63 termasuk dalam kategori baik, kompetensi kepribadian guru PAI SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung berada pada interval 57-60 termasuk dalam kategori baik, kompetensi profesional guru PAI SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung berada pada interval 45-47 termasuk dalam kategori baik, kompetensi sosial guru PAI SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung berada pada interval 35-36 termasuk dalam kategori sangat baik, dan minat siswa SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung berada pada interval 45-49 termasuk dalam kategori sedang. (2) ada pengaruh yang kuat antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (23.038 > 2.62) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh yang kuat antara kompetensi kepribadian guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (47.600 > 2.62) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) ada pengaruh yang kuat antara kompetensi profesional guru PAI terhadap minat belajar siswa SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (59.275 > 2.62) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (5) ada pengaruh yang kuat antara kompetensi sosial guru PAI terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (24.911 > 2.62) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) ada pengaruh yang kuat antara kompetensi guru secara keseluruhan terhadap minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang ditunjukkan dari Fhitung > Ftabel (28.748 > 2.62) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 28111331102811133110 INTAN NIHAYATUS SHOVIA
Date Deposited: 18 Dec 2017 06:18
Last Modified: 18 Dec 2017 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item