PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI VARIASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

DWI JAYANTI ENDRIANI, 2814133049 (2017) PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI VARIASI BELAJAR SISWA KELAS X MAN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemahaman Konseptual dan Prosedural pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Hasil Belajar Strategi Kognitif dan Keterampilan Intelektual Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Dwi Jayanti Endriani (2814133049) Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman konseptual, Pemahaman prosedural, Strategi kognitif, Keterampilan intelektual. Proses pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman baik secara konsep maupun prosedur. Pemahaman konseptual merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun dalam bentuk tulisan kepada orang lain sehingga orang lain tersebut benar-benar mengerti apa yang disampaikan sedangkan pemahaman prosedural adalah pengetahuan tentang urutan kaidah-kaidah, prosedur-prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Tetapi, faktanya kemampuan siswa dalam memahami materi trigonometri secara konseptual dan prosedural masih rendah, tidak sedikit yang hanya mampu memahami secara konseptual saja maupun secara prosedural saja. Seringkali hasil belajar digunakan sebagai ukuran seberapa jauh individu menguasai materi yang sudah di ajarkan. Hasil belajar yang dapat merepresentasikan pemahaman siswa adalah hasil belajar pada aspek strategi kognitif dan keterampilan intelektual siswa. Berdasarkan penjelasan di atas peneliti melakukan penelitian tentang pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi trigonometri ditinjau dari hasil belajar strategi kognitif dan keterampilan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konseptual dan prosedural siswa pada materi trigonometri berdasarkan Teori Robert Gagne ditinjau dari hasil belajar strategi kognitif dan keterampilan motorik kelas X MAN 2 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dengan rincian 3 siswa dengan hasil belajar strategi kognitif dan 3 siswa dengan hasil belajar keterampilan intelektual. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan hasil belajar strategi kognitif sudah mampu memenuhi beberapa indikator konseptual namun belum mampu mengaitkan berbagai konsep matematika dan mengetahui prosedur secara umum, sedangkan siswa dengan hasil belajar keterampilan intelektual sudah mampu mengaitkan beberapa konsep matematika dan memiliki pengetahuan dalam menggunakan prosedur dengan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133049 DWI JAYANTI ENDRIANI
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:10
Last Modified: 18 Dec 2017 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item