PENGARUH KREATIVITAS GURU, SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN SE-KABUPATEN TRENGGALEK

EKO CAHYONO, 175615017 (2017) PENGARUH KREATIVITAS GURU, SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN SE-KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

ABSTRAK Eko Cahyono. 2017. ”Pengaruh Kreativitas Guru, Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek”. Pembimbing (1) Dr. Muniri, M.Pd dan 2) Dr. Kutbuddin Aibak, M.H.I Kata kunci: Kreativitas Guru, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi berprestasi pada remaja merupakan gejala yang kurang menguntungkan karena rendahnya motivasi berprestasi pada mereka menunjukkan adanya sikap acuh tak acuh terhadap kehidupan sosial, termasuk terhadap masa depan bangsanya. Kegagalan belajar siswa tidak sepenuhnya berasal dari diri siswa tersebut tetapi bisa juga dari guru yang tidak berhasil dalam memberikan motivasi yang mampu membangkitkan semangat siswa untuk belajar. kreativitas guru dengan dibekali sumber belajar yang baik merupakan salah satu upaya yang dilakukan guru, dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sehingga nantinya guru diharapkan lebih banyak berdiskusi dengan guru lain untuk mengembangkan kreativitas mengajar dan sumber belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah 1) Apakah pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? 2) Apakah pengaruh sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? 3) Apakah pengaruh kreativitas guru, sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? 4) Apakah pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? 5) Apakah pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? 6) Apakah pengaruh kreativitas guru, sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek? Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa sebanyak 1412 di SMAN se-Kabupaten Trenggalek. Teknik sampling Cluster sampling. Sampel penelitian ini adalah 93 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan path analysis. Hasil penelitiannya adalah 1) ada pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek yang ditunjukkan dari t-hitung > t-tabel (2.122 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru adalah 0.037 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,037 < 0,05). 2) ada pengaruh sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dari nilai t-hitung > t-tabel (3.991 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel sumber belajar adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05), 3) ada pengaruh kreativitas guru, sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek yang dibuktikan dengan nilai F-hitung (10.563) > F-tabel (3.07) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. 4) ada pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek yang ditunjukkan dari nilai t-hitung > t-tabel (2.181 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel kreativitas guru adalah 0.032 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,032 < 0,05). 5) ada pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek, yang ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (2.851 > 1,987). Nilai signifikansi t untuk variabel sumber belajar adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,005 < 0,05). 6) ada pengaruh kreativitas guru, sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN se-Kabupaten Trenggalek yang ditunjukkan dari nilai F-hitung (6.208) > F-tabel (3.07) dan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,003, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,003 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eko cahyono eko cahyono
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:33
Last Modified: 21 Dec 2017 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item