Agustan, Rizal Dwi (2014) Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK, mas rizal sesok.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV WIS APIK TENAN.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Fiqih Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh realita menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih di madrasah yang terjadi selama ini lebih berorientasi pada guru aktif dan pencapaian target materi. Untuk memecahkan problem yang berkaitan dengan metodologi pembelajaran sekaligus untuk menempatkan siswa sebagai subyek aktif dan proses pembelajaran lebih hidup; saat ini telah dikembangkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada pembelajaran Fiqih. Dengan adanya Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Bahkan dengan pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa aktif ini, pendidik mampu membentuk kesalehan pribadi dan sekaligus kesalehan sosial dengan meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: ١) Bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas ٢ di Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung? ٢) Bagaimana respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas ٢ di Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung? ٣) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan pada mata pelajaran Fiqih kelas ٢ di Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung?. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: ١) observasi partisipan, ٢) wawancara mendalam, ٣) dokumentasi. teknik analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ١) proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas ٢ di Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung didukung dengan metode pembelajaran Jigsaw dan Role Playing merupakan metode yang sesuai untuk mewujudkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. ٢) Respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas ٢ di Madrasah Aliyah Negeri ١ Tulungagung yaitu: siswa dalam pembelajaran Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan semuanya mempunyai respon positif yang terwujud dari: a) siswa banyak yang bertanya, b) siswa memilih tugas sendiri, c) siswa senang dengan berbagai metode pendukung Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, d) xvi kreativitas siswa berkembang, e) motivasi dan minat belajar siswa meningkat, dan f) siswa bebas mengemukakan gagasan. ٣) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan pada mata pelajaran Fiqih kelas ٢ di MAN ١ Tulungagung adalah faktor pendukung dengan cara a) kreativitas guru dalam mengembangkan materi secara mandiri ataupun mengadopsi dari rekan-rekan lainnya yang telah lebih dulu memiliki kreativitas dalam mencoba menerapkan metode pembelajaran dengan dukungan metode Jigsaw dan Role Playing. b) Antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan terlihat dari aktivitas bertanya dari peserta didik, c) empati dari kepala madrasah, d) orang tua selagi di rumah. orang tua sebagai pondasi dan kontrol utama dalam pembentukan pribadi siswa. Faktor penghambatnya dapat dilihat dari a) kurang fahamnya peserta didik tentang skenario pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. b) Peserta didik terlihat malu-malu dalam mengungkapkan gagasannya. c) Siswa mempunyai latar belakang berbeda-beda, seperti lingkungan sosial, lingkungan, gaya belajar, keadaan ekonomi, dan tingkat kecerdasan. d) Guru terkadang juga kurang matang mempersiapkan perangkat-perangkat pembelajaran yang sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan ketelatenan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 03:44 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/699 |
Actions (login required)
View Item |