HANIFATUS SA’DIYAH, 2814133077 (2017) ANALISIS KREATIVITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII-D MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII-D MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Hanifatus Sa’diyah, NIM. 2814133077, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kreativitas, Pemecahan Masalah Open Ended. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Seringkali dalam kegiatan pembelajaran, siswa diberikan permasalahan dan penyelesaian yang sesuai dengan contoh yang diberikan guru sehingga siswa tidak diberi kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kreativitasnya. Untuk mengetahui tingkat kreativitasnya peneliti memberikan beberapa masalah dengan tipe soal open ended untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan tingkat berikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah open ended pada materi bangun datar siswa kelas VII-D MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017, 2) mendiskripsikan tingkat berikir kreatif siswa dengan kemampuan sedang dalam memecahkan masalah open ended pada materi bangun datar siswa kelas VII-D MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017, 3) mendiskripsikan tingkat berikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah dalam memecahkan masalah open ended pada materi bangun datar siswa kelas VII-D MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendapatkan data yang lebih mendetail dan rinci tentang tingkat berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VII-D dengan 3 kriteria yaitu siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah dengan masing-masing kriterian adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti adalah: 1) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan tinggi ada pada tingkat 3, dengan kata lain siswa tersebut adalah siswa yang kreatif. Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan (siswa mampu menjelaskan jawaban yang diberikan dengan tepat) dan fleksibilitas (siswa mampu memberikan jawaban lain yang berbeda dengan jawaban yang diberikan). 2) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan sedang ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan (siswa mampu menjelaskan jawaban yang diberikan dengan tepat) dan fleksibilitas (siswa mampu memberikan jawaban lain yang berbeda dengan jawaban yang diberikan). 3) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan rendah ada pada tingkat 1 (kurang kreatif). Komponen yang dipenuhi adalah kefasihan. Selain itu ada siswa yang berada pada tingkat 0, di mana siswa tidak mampu menunjukkan ketiga komponen kreativitas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133077 HANIFATUS SA’DIYAH |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 03:55 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 03:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7019 |
Actions (login required)
View Item |