PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII MATERI ARITMETIKA SOSIAL MTsN NGANTRU TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

VICKI INDRIANINGSIH, 2814133197 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY DAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII MATERI ARITMETIKA SOSIAL MTsN NGANTRU TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray dan Inside-Outside Circle Pada Siswa Kelas VII Materi Aritmetika Sosial MTsN Ngantru Tahun Pelajaran 2016/ 2017” ini ditulis oleh Vicki Indrianingsih, NIM. 2814133197, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Two Stay-Two Stray, Inside-Outside Circle, Hasil Belajar. Proses pembelajaran matematika di sekolah melibatkan interaksi antara guru dan siswa, dimana seorang siswa harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan, masih ditemui siswa cenderung tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal ini dapat disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan kurang menunjang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika antara model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray dan inside-outside circle pada siswa kelas VII materi aritmetika sosial di MTsN Ngantru Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui berapa besar perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray atau inside-outside circle pada siswa kelas VII materi aritmetika sosial di MTsN Ngantru tahun pelajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui manakah yang lebih baik proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray atau inside-outside circle pada siswa kelas VII materi aritmetika sosial di MTsN Ngantru tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment dan Komparasi. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-F dan kelas VII-G. sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa siswa kelas VII-F dan kelas VII-G MTsN Ngantru, dan data sekunder berupa dokumen-dokumen berupa catatan, gambar, dan hasil observasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray dan inside-outside circle pada siswa kelas VII materi aritmetika sosial di MTsN Ngantru tahun pelajaran 2016/2017, (2) besarnya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray dan inside-outside circle sebesar 0,50452918 atau 69% tergolong cukup (3) Model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray dalam proses pembelajaran matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle pada siswa kelas VII di MTsN Ngantru tahun ajaran 2016/2017 pada materi aritmetika sosial

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133197 VICKI INDRIANINGSIH
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:28
Last Modified: 28 Dec 2017 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item