Ana Muyasaroh, 2811133293 (2017) Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SD Islam Al-Gontori Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (778kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ana Muyasaroh, 2017, “Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di SD Islam Al-Gontori Tulungagung”, Program Strata 1, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing : Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Metode Tilawati, Membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an bagi umat muslim merupakan ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu seorang anak haruslah diberikan pemahaman serta dibiasakan untuk membaca Al-Qur’an sejak dini. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada penyerapan dan pemahaman melalui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Untuk itu kemampuan peserta didik perlu dikembangkan melalui peran aktif dan latihan-latihan atau kegiatan-kegiatan yang mampu menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an. Metode Tilawati merupakan metode belajar membaca Al-Qur’an yang disampaikan secara seimbang antara pembiasan melalui pendekatan klasikan dan kebenaran membaca melalui pendekatan individual dengan teknik baca simak. Dalam melakukan pembelajaran membaca Al-Qur’an, metode yang baik akan berpengaruh besar terhadap proses pembelajaran Al-Qur’an Berkenaan hal tersebut, penelitian ini difokuskan pada (1) Bagaimana Proses Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Gontori Tulungagung (2) Bagaimana Pendekatan yang diterapkan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa SD Islam Al-Gontori Tulungagung (3) Bagaimana Evaluasi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa SD Islam Al-Gontori Tulungagung? Berdasarkan fokus masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Proses Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di SD Islam Al-Gontori Tulungagung (2) Untuk mengetahui Pendekatan yang diterapkan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa SD Islam Al-Gontori Tulungagung. (3) Untuk mengetahui Evaluasi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an menggunakan metode tilawati pada siswa SD Islam Al-Gontori Tulungagung? Untuk mempermudah penelitian tentang Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an siswa di SD Islam Al-Gontori Tulungagung, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini diadakan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an siswa di SD Islam Al-Gontori Tulungagung. Proses Pembelajaran Al-Qur’an dilakukan melalui beberapa tahap kegiatan, yaitu kegiatan pembuka dengan terlebih dahulu siswa dan guru bersama-sama membaca surat-surat pendek, ayat kursi dan do’a belajar, lalu kegiatan inti diawali dengan pendekatan klasikal menggunakan peraga sebanyak 4 halaman, lalu dilanjutkan dengan pendekatan individual tekhnik baca simak menggunakan buku yaitu dengan cara siswa bergiliran membaca setiap baris bacaan dalam buku, selanjutnya kegiatan penutup sebelum pembelajaran ditutup diadakan evaluasi harian untuk mengetahui pencapaian dan kualitas membaca siswa pada kegiatan yang telah dilakukan setelah itu pembelajaran ditutup dengan membaca do’a setelah belajar. Teknik klasikal dilakukan ketika membaca peraga dan membaca jilid. Sebelum membaca jilid, membaca peraga terlebih dahulu sebanyak 4 halaman dengan menggunakan teknik klasikal 1 dan 2
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133293 ana muyasaroh |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 06:37 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 06:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7039 |
Actions (login required)
View Item |