PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG

MUKHLIS JAUHARI, 2817133116 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV MIN MERGAYU BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung” Ditulis oleh Mukhlis Jauhari, NIM : 2817133116, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Syamsun Ni’am M.Ag. Kata Kunci : Model Make a Match, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kegiatan belajar mengajar di MIN Mergayu Bandung selama ini kebanyakan masih menggunakan metode ceramah disertai pembagian tugas dan latihan, dimana saat proses pembelajaran berlangsung guru cenderung lebih aktif dan peserta didik hanya pasif. Akibatnya hasil belajar kurang baik. Berangkat dari permasalahan itulah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada kelas IV di MIN Mergayu Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan partisipasi belajar melalui penerapan model Cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi dan subyek penelitian berada pada kelas IV di MIN Mergayu Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, paparan data serta penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan menggunakan indikator proses dan indikator prestasi belajar. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar peserta didik telah meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat di buktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 67,8 dengan presentase ketuntasan belajar 54,1%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 77,9 dengan presentase ketuntasan 83,3%. Data tersebut membuktikan, bahwa hasil belajar peserta didik bias meningkat dengan penerapan model pembelajaran Make a Match.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133116 MUKHLIS JAUHARI
Date Deposited: 29 Dec 2017 02:13
Last Modified: 29 Dec 2017 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7056

Actions (login required)

View Item View Item