Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Aryojeding Tahun Pelajaran 2016/2017

IHSANTI ROHMA AULIA, 2814133079 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Aryojeding Tahun Pelajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ” Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Aryojeding Tahun Pelajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Ihsanti Rohma Aulia, NIM. 2814133079, pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ketika pembelajaran berlangsung siswa kurang mengerti dan paham dengan materi yang disajikan oleh guru, siswa cenderung bersifat individu dan kadang malu untuk bertanya ketika belum memahami materi dengan optimal. Siswa juga kurang memiliki minat untuk belajar karena metode yang dipakai oleh guru cenderung membosankan dan siswa lebih bersifat pasif sehingga peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat siswa bergairah kembali dalam mengikuti proses belajar di kelas sehingga hasil belajarpun akan meningkat. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Aryojeding tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui seberapa besar penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Aryojeding tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Aryojeding yang berjumlah 352 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel penelitian siswa kelas VIII A dan VIII C. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Aryojeding tahun pelajaran 2016/2017 dengan nilai t_hitung=2,366 sedangkan t_tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,002, (2) Besar penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Aryojeding tahun pelajaran 2016/2017 adalah 0,0514, di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s d tergolong SMALL atau kecil dengan persentase sebesar 50%. . Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ”Ada penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri Aryojeding tahun pelajaran 2016/2017”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133079 IHSANTI ROHMA AULIA
Date Deposited: 02 Jan 2018 03:08
Last Modified: 02 Jan 2018 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7072

Actions (login required)

View Item View Item