PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KALIGRAFI (Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

ZAIN SYAMSUN NA’IM, 1755154047 (2017) PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KALIGRAFI (Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (910kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syamsun Na’im, Zain. 2017. Penggunaan Media Dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Kaligrafi (Studi Multi Situs di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung), Pembimbing 1 Dr. Hj. Sulistiyorini, M. Ag dan Pembimbing II Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag Kata kunci : Media Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Prestasi, Kaligrafi Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh jarangnya sekolah di tingkat dasar yang mengajarkan kaligrafi pada peserta didiknya. Walupun ada hanya diberikan pada peserta didik secara dadakan ketika akan ada perlombaan saja dan pembelajarannya kurang memperhatikan penggunaan media dan metode pembelajaran. Padahal kegiatan berkaligrafi bisa menumbuhkan rasa keindahan dan artistik sehingga membentuk sikap kreatif, apresiatif dan kritis. Selain itu kaligrafi sebagai salah satu cabang seni Islam memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh pengalaman berapresiasi dan berkreasi seni. Penggunaan media dan metode pembelajaran kaligrafi serta taktik dalam persiapan sampai pelaksanaan kompetisi perlu ditingkatkan agar prestasi kaligrafi bisa meningkat. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi kaligrafi di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana metode pembelajaran dalam meningkatkan prestasi kaligrafi di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran? 3) Bagaimana upaya dalam meningkatkan prestasi kaligrafi di MI Al Huda Karangsari dan MI Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini berdasrkan lokasi sumber datanya termasuk kategori peneitian lapangan dan di tinjau dari segi sifat-sifat termasuk dalam penelitian kualitatif berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan multi situs. Metode pengumpulan data menggunakan obserfasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, trianggulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian ini yaitu 1) Media yang digunakan untuk pembelajaran kaligrafi adalah media visual dan media audio visual. Media visual tersebut digunakan untuk mencontoh, menjiplak dan untuk menambah wawasan seni kaligrafi siswa. Penggunaan media visual diawali dengan mempersiapkan materi yang hendak disampaikan, setelah materi disiapkan kemudian guru menyampaikan materi tersebut sesuai metode yang ingin dipakai oleh masing-masing guru. Media atau alat yang dipakai dalam pembelajaran juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa, bisa pensil, spidol atau handam, dalam memberi pewanaan bisa krayon, spido, cat air maupun cat minyak. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran kaligrafi yaitu dengan mempersiapkan materi terlebih dahulu, video tinggal dimainkan untuk ditonton peserta didik, guru menjelaskan beberapa hal yang perlu disampaikan, bisa meghentikan pemutaran video ketika diperlukan, siswa bisa menonton sambil meniru apa yang ada pada video sedangkan guru membimbing siswa. 2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran kaligrafi adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode mencontoh, metode menjiplak, metode penugasana dan metode drill dalam pembelajaran kaligrafi. Metode yang digunakan pada kedua lembaga tersebut adalah kolaborasi beberapa metode. Metode demonstrasi dikolaborasikan dengan metode ceramah dan metode mencontoh. Metode menjiplak dikolaborasikan dengan metode demonstrasi, metode ceramah, metode mencontoh dan metode drill. Metode penugasan dikolaborasikan dengan metode ceramah, menjiplak, mencontoh dan metode drill. 3) Upaya dalam meningkatkan prestasi kaligrafi yaitu mempersiapkan peserta didik mulai dari pembelajaran menggunakan media dan metode khusus, ketekunan dalam latihan, membangun kerja sama antara lembaga, orang tua dan siswa, memberikan motivasi pada siswa, membangun mental siswa, menjaga sportifitas saat berkompetisi dan selalu rajin berdo’a.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154047 ZAIN SYAMSUN NA'IM
Date Deposited: 05 Feb 2018 01:33
Last Modified: 05 Feb 2018 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item