PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2016/2017

TITIN SULISTYOWATI, 2814133222 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika di SMPN 2 Sumbergempol Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Titin Sulistyowati, NIM. 2814133222, Pembimbing Hj. Umy Zahroh, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, rendahnya minat belajar matematika siswa, kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol yang berjumlah 206 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sample random sampling , dengan kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1). observasi; 2) dokumentasi; 3) tes tulis; 4) angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data yang terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat belajar . Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,057 2). Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 67,12 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42,846 dengan signifikansi 0,000 3). Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap minat dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik untuk pillae trace, wilk lambda, hotelling’s trace, dan Roy’s largest root dengan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan f-hitung > f-tabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133222 TITIN SULISTYOWATI
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:18
Last Modified: 03 Jan 2018 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item