Rohmatul, Fatimah (2014) Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Di MTs Negeri Bandung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
BAB 1.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, Persamaan Linier Satu Variabel, Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Matematika merupakan kajian yang sangat penting dalam sistem pendidikan di seluruh dunia. Begitu pentingnya memahami matematika, sehingga guru matematika perlu memberikan solusi terbaik agar siswa bisa lebih cepat memahami materi yang ada di dalam matematika. Oleh karena itu, guru harus berusaha menghadirkan suasana baru dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah menerapkan model quantum teaching di kelas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2013/2014. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester 1 MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas. Dengan menggunakan purposive sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII C dan VII D. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model quantum teaching, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes dan dokumentasi. Dalam menganalisa hasil penelitian menggunakan SPSS. Dari hasil analisis data output pada SPSS diperoleh nilai signifikansi 0,003 pada taraf signifikansi 5%. Oleh karena signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel di MTs Negeri Bandung tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 04:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/710 |
Actions (login required)
View Item |