Hasan Basri, 1751154017 (2018) PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH (Studi Multisitus di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Multi Situs di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung)” ini ditulis oleh Hasan Basri dengan dibimbing oleh Dr. H. Maftukhin, M.Ag. dan Dr. Abdul Azis. M.Pd.I. Kata Kunci: PerilakuKepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Madrasah. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kemajuan madrasah sangat tergantung pada sosok kepemimpinan-nya, yakni kepala madrasah, sebab kepala madrasahlah yang berada di depan untuk menggerakkan kegiatan dan menetapkan target madrasah. Selama ini madrasah dianggap sebagai lembaga pendidikan islam yang mutunya lebih rendah daripada mutu pendidikan lainnya, terutama sekolah umum, walaupun beberapa madrasah justru lebih maju daripada sekolah umum. Namun, keberhasilan beberapa madrasah dalam jumblah yang terbatas ini belum mampu menghapus kesan negatif yang sudah terlanjur melekat. Kepala madrasah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan madrasah. Kepala madrasah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Perilaku kepemimpinan kepala madrasah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan-keterampilan untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan.Dalam kaitannya masalah peningkatan mutu madrasah di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung, maka kepala madrasah di sini merupakan kunci utama dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin pendidikan di madrasah. Kepala madrasah sangat berperan aktif di dalamnya. Kepemimpinan kepala madrasah dalam hal ini sangat amat berperan dalam semua kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam madrasah tersebut, baik dalam pemenuhan sarana-prasarana, maupun kurikulum dan peningkatan guru. Kepala madrasah juga harus meningkatkan kompetensi guru seperti guru harus mengikuti diklat, MGMP, woskop, seminar, hasil karya, studi banding dan sebagainya. Fokus masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana kepala madrasah menggerakkan bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 1 TulungagungdanMTsN Bandung Tulungagung?, (2) Bagaimana kepala madrasah mempengaruhi bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 1 TulungagungdanMTsN Bandung Tulungagung?, (3) Bagaimana kepala madrasah mengajak bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 1 TulungagungdanMTsN Bandung Tulungagung?, Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil langkah untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujuan mampu mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dariperilakukepemimpinankepala madrasah dalammeningkatkanmutu madrasah. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi kepala madrasah dalam mengembangkan dan meningkatkan mutudi lembaganya di MTsN 1 Tulungagung dan MTsN Bandung Tulungagung. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Perilaku kepemimpinan kepala madrasah menggerakkan bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah dengan cara; kepala madrasah turut serta terjun dalam penyusunan RPP, memilih guru-guru yang berkompeten dalam membimbing siswa pada pengembangan diri, memberi motivasi kepada bawahan, membentuk Team work (Kerja sama), mengkoordinasikan pada tugas kegiatan untuk mengikuti pelatihan, kepala madrasah juga mengadakan rapat dengan bawahan, dan memberikan motivasi pada bawahan dengan memberi contoh yang baik. (2) Perilaku kepemimpinan kepala madrasah mempengaruhi bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah dengan cara kepala madrasah memberikan suatu penghargaan untuk guru-guru yang berprestasi dalam membimbing siswa, kepala madrasah memberikan suri tauladan dan memberikan perhatian, memberi kesejahteraan, memberi contoh yang baik, memberi motivasi pada bawahan, kepala madrasah mendukung serta memberi apresiasi terhadap pencapaian prestasi pada bawahannya. (3)Perilaku kepemimpinan kepala madrasah mengajak bawahan dalam meningkatkan mutu madrasah dengan cara; kepala madrasah memberi memotivasi kepada guru supaya lebih berkaraya,kepala madrasah selalu mengevaluasi aktivitas guru dan melakukan rapat-rapat dinas bersama bawahan,memberikan motivasi, kepala madrasah memberi suatu tugas kepada guru untuk mengikuti pelatihan, kepala madrasah memberi tugas dalam pembuatan RPP kepada guru, kepala madrasah memberi tauladan yang baik pada bawahan untuk menjadi contoh kerja keras pada bawahan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1751154017 Hasan Basri |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 07:47 |
Last Modified: | 10 Jan 2018 07:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7131 |
Actions (login required)
View Item |