Sulistiani, Arina (2014) Pengaruh Metode Mathemagics Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Riadlotul Uqul (MISRIU) Kebonduren Ponggok Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
1 JUDUL.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
bagian awal.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1, 2, 3, 4, 5.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Metode Mathemagics, hasil belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya proses kegiatan belajar mengajar siswa disekolah. Hal ini disebabkan metode atau model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga para siswa sering merasa bosan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa hanya duduk diam, melihat dan mendengarkan penjelasan guru. Akhirnya motivasi siswa menurun dan hasil belajar siswa juga menjadi berkurang dan kurang memuaskan. Oleh karena ini lah peneliti berfikir dan melakukan penelitian dengan metode baru yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, metode pembelajaran tersebut ialah metode mathemagics Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar, (2) Berapa besar pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar. Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi sekolah sebagai masukan dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar, Sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Pola penelitian yang digunakan adalah eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh metode mathemagics. Sedangkan variabel terikatnya (Y1) adalah hasil belajar siswa kelas IV MI MISRU Kebonduren Ponggok Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI MISRU Kebonduren Ponggok Blitar sebanyak 44 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis t-test. Berdasarkan hasil penelitian (1) Ada pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar, ini ditunjukkan oleh nilai 4, 107, sedangkan nilai pada taraf 5% adalah 2, 021. (2) Besar pengaruh metode mathemagics terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI MISRIU Kebonduren Ponggok Blitar adalah 53, 8% dengan kriteria sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 04:28 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/715 |
Actions (login required)
View Item |