TOIFAN LUTFI, 1755154043 (2018) PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V (Studi Multi Situs Di MI Roudlotut Tholabah, Kranding, Mojo, Kediri dan MI Inhadlut Tholibin, Mojo, Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (619kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis yang berjudul “Pembelajaran Dengan Pendekatan Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V (Studi Multi Situs Di MI Roudlotut Tholabah, Kranding, Mojo, Kediri dan MI Inhadlut Tholibin, Mojo, Kediri)” ini ditulis oleh Toifan Lutfi dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, M.Pd dan Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata Kunci : Pendekatan Active Learning, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika yang merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dan dianggap pelajaran yang sulit bagi anak SD/MI. Khusus pada soal cerita, anak-anak cenderung mengalami kesulitan mengubah soal cerita matematika ke kalimat matematika. Karena tingkat kecerdasan bahasa anak mempengaruhi pemahaman dalam soal cerita. Sehingga guru sebagai pendidik di kelas harus bisa mengambil langkah untuk menuntaskan hal tersebut. salah satu pendekatan pembelajaran Matematika yang dapat dilakukan guru adalah pendekatan active learning dengan metode problem solving di kelas 5. Dengan begitu siswa akan menjadi aktif, kreatif dan tertantang untuk memecahkan masalah dan mudah memahami materi dalam bentuk soal cerita maupun bukan soal cerita. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaiamana karakteristik pendekatan active learning di MI Roudlotut Tholabah, Kranding, Mojo, Kediri dan MI Inhadlut Tholibin, Mojo, Kediri? 2) Bagaimana bentuk evaluasi pembelajaran dalam pendekatan active learning pada matematika kelas V di MI Roudlotut Tholabah, Kranding, Mojo, Kediri dan MI Inhadlut Tholibin, Mojo, Kediri? 3) Bagaimana hasil pembelajaran dengan pendekatan active learning pada matematika kelas V di MI Roudlotut Tholabah, Kranding, Mojo, Kediri dan MI Inhadlut Tholibin, Mojo, Kediri? Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik Pendekatan Active Learning. Dari segi peserta didik; Penerapan proses belajar dengan pendekatan active learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan mental siswa, perubahan tersebut adalah siswa mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapat, ide dan gagasannya, siswa semakin aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kreatifitas siswa dalam belajar semakin meningkat serta siswa semakin antusias, merasa senang dan tertantang dalam belajar. Dari segi pengajar; Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan active learning ini guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Guru bertindak sebagai fasilitator dan berkewajiban memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa. Guru harus memberikan kesempatan kepada siswa dan memberikan kebebasan kepada siswa dalam pembelajaran, serta guru xv tidak diperbolehkan mendominasi jalannya pembelajaran. Dari segi situasi mengajar; Suanana dan situasi belajar belajar sangat kondusif sekali, serta hubungan emosional antara guru dan siswa, siswa dengan siswa dapat terjalin erat, karena didalam proses pembelajaran dengan pendekatan active learning terjadi komnikasi yang intensif antara guru dan siswa, siswa dengan siswa. 2) Evaluasi Pembelajaran Dalam Pendekatan Active Learning Pada Matematika Kelas V; Pembelajaran active learning memungkinkan guru untuk melakukan evaluasi terhadap proses belajar, guru dapat mengetahui secara detail jalannya pembelajaran. Langkah demi langkah guru memberikan penilaian kepada setiap siswa. Selain itu guru juga berkewajiban mengevaluasi pemaaman siswa dengan cara tes lisan maupun tes tulis. 3) Hasil pembelajaran dengan pendekatan active learning pada matematika kelas V; Pendekatan active learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5, karena dengan pembelajaran active learning siswa terlatih mandiri dalam belajar. Sehingga siswa dapat dengan sadar belajar mandiri walaupun bukan jam pelajaran
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | TESIS 1755154043 T0IFAN LUTFI |
Date Deposited: | 31 Jan 2018 02:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2018 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7157 |
Actions (login required)
View Item |