KUKUH KUNCORO, 2811133295 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERPERILAKU ISLAMI SISWA DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (98kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Berperilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1Tulungagung” ini ditulis oleh Kukuh Kuncoro, NIM. 2811133295, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. MUNARJI, M. Ag Kata Kunci : Strategi Guru, Berperilaku Islami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa. Dalam hal ini peneliti membahas terkait Strategi Guru PAI dalam meningkatkan Kesadaran perilaku Islami siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran berpakaian siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran berinteraksi siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung ? (3) Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran sholat berjamaah siswa di SMK PGRI 1Tulungagung ? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi , wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa, (1) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran berpakaian siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung sudah berjalan dengan baik yaitu Senantiasa memberi Peringatan-peringatan secara langsung maupun tidak langsung, Memberikan sanksi atau hukuman, Serta melakukan kerja sama dengan wali murid di gunakan untuk memaksimalkan tujuan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran berperilaku islami siswa. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran berinteraksi siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung sudah dilaksanakn dengan baik dan berjalan dengan semestinya yaitu senantiasa membimbimbing siswa-siswi untuk berperilaku dengan baik, mengingatkan jika mereka melakukan perbuatan yang tidak terpuji, Selalu berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan sehari- hari, Memberikan contoh nyata pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, setelah itu berdoa secara bersama-sama dan memberikan motivasi selalu berperilaku terpuji setelah itu bersalaman dengan menunjukan kesopanan. (3) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kesadaran sholat berjamaah siswa di SMK PGRI 1Tulungagung sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan sekolah yaitu Selalu berusaha membimbimbing siswa-siswi agar selalu taat beribadah dan selalu melakukan kewajiban-kewajiban di dalam beribadah sholat berjamaah , mengingatkan jika mereka melakukan kesalahan dan memberinya sanksi agar siswa tersebut jera dan tidak mengulanginya lagi dan juga adanya kerja sama antara guru dan wali murid guna meningkatkan kesadaran di dalam sholat berjamaah, Selalu berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feedback yang baik pula dalam kehidupan sehari- hari, Memberikan apresiasi terhadap siswa yang telah melakukan sholat berjamaah,misalnya dengan memberikan nilai sehingga dengan begitu siswa merasa lebih di peratikan dan semangat melakukan ibadah sholat berjamaah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133295 KUKUH KUNCORO |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 06:23 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7188 |
Actions (login required)
View Item |