MOHAMMAD ADIB SULTANU NI’AM, 2833133034 (2018) PENGARUH KEBERMAKNAAN HIDUP TERHADAP PENERIMAAN DIRI IBU YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLBN CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kebermaknaan Hidup Terhadap Penerimaan Diri Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di SDLB Campurdarat” ini ditulis oleh Mohammad Adib Sultanu Ni’am, NIM 2833133034, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Pengaruh Kebermaknaan Hidup, Penerimaan Diri, Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mengalami kelainan atau penyimpangan perkembangan dari kondisi anak pada umumnya. klasifikasi anak berkebutuhan khusus antara lain anak autis, anak disleksia, anak tunarungu, anak tunagrahita, anak tunadaksa, anak tunalaras, anak berbakat, anak indigo, anak down syndrom. Anak berkebutuhan khusus dalam menjalankan aktivitas-aktivitas setiap hari mereka mengalami hambatan yang pada umumnya anak-anak normal dapat mejalankan aktivitas tersebut. dari hambatan maupun kesulitan yang mereka alami sehingga perlunya peran orang tua untuk menerima anak berkebutuhan khusus salah satunya peran ibu dalam membimbing anak, ibu menjadi individu yang dinilai lebih memiliki kelekatan anak dibanding ayah, ibu lebih sering bersama anak sehingga lebih mengetahui tentang tumbuh kembang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebermaknaan hidup ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SDLB Campurdarat Tulungagung, dan untuk mengetahui tingkat penerimaan diri ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SDLB Campurdarat Tulungagung, dan untuk mengetahui tingkat pengaruh kebermaknaan hidup terhadap penerimaan diri ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus di SDLB Campurdarat Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDLB Campurdarat Tulungagung. Jumlah subjek sebanyak 65 orang. Pengambilan sampel dengan cara random sampling. Dan data Pendukung dalam penelitian ini diperoleh melalui, observasi, wawancara. Alat ukur psikologi yang digunakan sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket. Metode analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0 for windows. Dari hasil analisis hasil data menunjukkan bahwa tingkat kebermaknaan hidup diperoleh dari hasil penelitian tersebut berada pada kategori sedang dengan jumlah 19 ibu yang mempunyai anak bekebutuhan khusus sedangkan tingkat penerimaan diri berada kategori sedang dengan jumlah 24 ibu yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Pengaruh yang terdapat dalam penelitian ini yang diperoleh melalui analisis data yang dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana pada SPSS 21.0 for windows, diperoleh hasil T hitung = 10,288 T tabel = 2,000. (10,288 > 2,000) yang berarti terdapat pengaruh antara kebermaknaan hidup dengan penerimaan diri dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kebermaknaan hidup berpengaruh terhadap penerimaan diri ibu yang memiliki anak bekebutuhan khusus.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | niam 2833133034 MOHAMMAD ADIB SULTANU NI’AM |
Date Deposited: | 30 Jan 2018 01:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2018 01:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7190 |
Actions (login required)
View Item |