RIMAYA SHOFA, 2817133156 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 02 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (956kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Download (217kB) |
||
|
Text
BAB 2.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Rimaya Shofa, NIM. 2817133156, pembimbing Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Implementasi Kurikulum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh macam-macam masalah implementasi Kurikulum 2013 sebagai wujud perbaikan dan pembaruan kurikulum sebelumnya. Salah satu kunci keberhasilan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah kreativitas guru. Dengan kreativitas guru, pembelajaran akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien yang pada akhirnya dapat meminimalisir problematika yang muncul dan mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi/penilaian pembelajaran dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek? (2) Apa saja problematika yang dialami guru kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana kreativitas guru kelas dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek (2) Mengidentifikasikan problematika yang dialami guru kelas dalam implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek (3) Mendiskripsikan kreativitas guru kelas dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SDN 02 Durenan Trenggalek dengan subyek penelitian guru kelas II dan guru kelas V. Sumber data diperoleh dari tiga unsur, yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan; uji transferability; uji dependability; dan uji confirmability. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 02 Durenan Trenggalek yakni pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik, tematik-integratif, dan student centered dengan penilaian autentik serta mengupayakan keseimbangan soft skill dan hard skill pada peserta didik. (2) Problematika pembelajaran yang dialami oleh guru kelas berkaitan dengan penyusunan RPP dimana kagiatan pembelajaran harus disusun secara rinci dan menggambarkan berbagai macam pendekatan yang digunakan serta merencanakan penilaian; peserta didik yang kurang termotivasi mengikuti pembelajaran; ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yang telah disusun; keterbatasan waktu pembelajaran; dan evaluasi pembelajaran yang rumit dimana dalam penilaian setiap kompetensi harus menjelaskan secara rinci keadaan masing-masing peserta didik agar dapat memberikan nilai yang autentik. (3) Kreativitas guru dalam mengatasi problematika pembelajaran tersebut yakni dengan menggabungkan berbagai informasi relevan terkait penyusunan RPP dan mengolahnya sesuai dengan kebutuhan pembelajaran menggunakan metode, media, dan sumber belajar yang efektif dan efisien serta menarik bagi peserta didik; peka dan tanggap terhadap masalah yang muncul dalam pembelajaran; serta membuat rubrik penilaian yang relevan sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133156 Rimaya Shofa |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 07:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7193 |
Actions (login required)
View Item |