PENDEKATAN GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Multikasus di MTsN Tulungagung dan MTs As-Syafi’iyah Gondang)

SULTHONUL ARIFIN, 1756154051 (2017) PENDEKATAN GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Multikasus di MTsN Tulungagung dan MTs As-Syafi’iyah Gondang). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pendekatan Guru dalam Menghadapi Problematika Pendidikan Karakter (Studi Multikasus di MTsN Tulungagung dan MTs As-Syafiiyah Gondang)” ini ditulis oleh Sulthonul Arifin, dengan dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim, M. H. dan Dr. Agus Purwowidodo, M. Pd. Kata kunci: Pendekatan Guru, Pendidikan Karakter. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh realita sosial yang menununjukkan bahwa persoalan moral merupakan permasalahan berat yang dilimpahkan pada pendidik—dengan angka yang fantastis dengan angka meningkat pada tahun-tahun terakir. Kasus narkoba, pergaulan bebas, perkelahian, dan kasus penyimpangan lainnya mewarnai realita sosial yang memperihatinkan. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam merancang pendidikan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang?; (2) Bagaimana implementasi guru dalam pendidkan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang?; dan (3)Bagaimana implikasi pendidikan karakter di MTsN Tulungagung dan MTs Asyafi’iyah Gondang? Manfaaat tesis ini bagi penulis sendiri adalah untuk menambah wawasan, pola pikir, sikap, pengalaman, sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami nilai pedidikan karakter. Strategi dan implementasi yang diterapkan oleh guru. Dan dampak dari penerapan pendidikan karakter tersebut. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan yang diterapakan oleh guru mengacu pada tindak pencegahan degradasi moral dengan strategi integrasi pendidikan karakter yang bertolak pada kurikulum. (2) Implementasi pendidikan karakter diterapkan dengan penanaman nilai pendidikan karakter melalu berbagai metode dalam kelas dan metode pembiasaan di luar kelas. (3) Implikasi pendidikan karakter adalah untuk menciptakan generasi-generasi berkarakter.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 1756154051 Sulthonul Arifin
Date Deposited: 30 Jan 2018 03:44
Last Modified: 28 Apr 2021 06:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7198

Actions (login required)

View Item View Item