SORAYA AGUSTIN, 1751154031 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Kota Kediri dan SMK Al Huda Kota Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di SMK Negeri 1 Kota Kediri dan SMK Al Huda Kota Kediri)” ini ditulis oleh Soraya Agustin dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. dan Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Kurikulum, Kurikulum 2013 SMK, Mutu Pendidikan Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh pengembangan kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam usaha pengembangan kurikulum 2013 memerlukan manajemen dalam pengelolaannya. Lembaga pendidikan memerlukan manajemen yang mempunyai tipe perencanaan dalam kaitannya dengan manajemen pengembangan kurikulum untuk merespon perubahan yang diperkirakan terjadi di masa yang akan datang yang berkaitan dengan perubahan kurikulum. Di dalam ilmu manajemen, manajemen pengembangan kurikulum terutama di sekolah menengah kejuruan, merupakan tanggung jawab manajemen puncak, beserta elemen sekolah lainnya, sehingga lebih mampu dalam mempertahankan dan melakukan pengembangan kurikulum sekolah yang disesuaikan dengan dunia usaha/dunia industry (DUDI) dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui landasan dan prinsip pengembangan kurikulum 2013 sekolah menengah kejuruan di SMK Negeri 1 dan SMK Al-Huda Kota Kediri; (2) Mengetahui tujuan pengembangan kurikulum 2013 sekolah menengah kejuruan di SMK Negeri 1 dan SMK Al-Huda Kota Kediri; dan (3) Mengetahui implementasi pengembangan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 dan SMK Al-Huda Kota Kediri dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada tesis ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan rancangan multisitus. Teknik analisis data menggunakan analisis data situs tunggal yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan analisis multisitus dengan membandingan kedua analisis data situs tunggal. Untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas melalui observasi yang dilakukan secara terus-menerus (persistant observation), triangulasi (triangulation) sumber data, metode dan peneliti lain, pengecekan anggota (member check), diskusi teman sejawat (peer reviewing), dan pengecekan mengenai kecukupan referensi (referencial adequacy check), transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas dalam pengecekan keabsahan data pada penelitian ini. Hasil penelitian di SMK Negeri 1 dan SMK Al Huda memiliki wewenang untuk mengembangkan kurikulum berdasarkan pada landasan-landasan filosofis pancasila, landasan psikologi, landasan sosiologi, landasan yuridis, landasan perkembangan IPTEK, dan landasan agama, dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Dalam landasan pengembangan kurikulum dilihat dari aspek agama. Prinsip pengembangan yang digunakan adalah prinsip relevansi, prinsip efektivitas, prinsip efisiensi, kontinuitas, fleksibilitas, dan prinsip yang berorientasi pada tujuan. Perumusan tujuan pengembangan Kurikulum di SMK Negeri 1 dan SMK Al Huda Kota Kediri meliputi hubungan antara tujuan institusional (lembaga pendidikan) dan tujuan instruksional. Implementasi pengembangan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan (1) pengembangan rencana untuk melaksanakan kurikulum melalui penyesuaian struktur kurikulum, penyusunan jadwal pelajaran, dan pengembangan silabus K 13, (2) Melaksanakan pembelajaran pembentukan kompetensi dan karakter, (3) Pengembangan materi dan sarpras, dan (4) Hubungan kerjasama industry dan menjaga kepuasan pelanggan (DUDI). Upaya peningkatan mutu pendidikan tidak dapat dilepaskan keterkaitannya dengan manajemen mutu pendidikan. Dalam manajemen mutu, semua fungsi manajemen yang dijalankan oleh para manajer pendidikan di sekolah (kepala sekolah) diarahkan untuk dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya (customer), terutama kepada pelanggan eksternal, seperti: siswa, orangtua atau masyarakat pemakai lulusan. Selain itu ada standarisasi dari pemerintah lewat akreditasi. Yang utama, keberhasilan sebuah sekolah SMK yaitu banyaknya lulusan yang diterima kerja, atau bekerja sesuai bidangnya, karena SMK itu berbasis vokasi bukan edukasi beda dengan SMA atau MA yang mempersiapkan tenaga kerja kelas menengah sesuai bidangnya.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M.Pd 1751154031 Soraya Agustin |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 04:23 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7213 |
Actions (login required)
View Item |