MODEL PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA(Studi Multi Situs di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung)

Irma Tri Umami, 175615026 (2018) MODEL PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA(Studi Multi Situs di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (25MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Model Pembelajaran Qur’an Hadits dalam Membentuk Kompetensi Siswa (Studi Multisitus di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Irma Tri Umami yang dibimbing oleh Dr. H.M. Saifudin Zuhri, M.Ag dan Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd . Kata kunci: Qur’an Hadits, Kompetensi Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Qur’an Hadits di madrasah yang belum berperan sebagaimana fungsinya, yaitu terbentuknya kompetensi siswa. Guru Qur’an Hadits di madrasah belum sepenuhnya menyiapkan diri sebagai pendidik yang profesional sehingga kompetensi siswa belum terbentuk secara optimal. Hal ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan agama Islam yang diorientasikan pada pencapaian pengetahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani serta kemampuan dalam menunjang kebahagiaan dunia dan akhirat, sehingga pembelajaran Qur’an Hadits harus diarahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat dan membantu mewujudkan masyarakat belajar. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung ?; (2) Bagaimana metode pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk konpetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung ?; (3) Bagaimana teknik pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung?; (4) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung?; Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjangan kehadiran, keajegan pengamatan, triangulasi sumber dan metode, dan pembahasan dengan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan yang diterapkan pada pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung adalah: a) pendekatan pengalaman, b) pendekatan pembiasaan, c) pendekatan rasional, d) pendekatan keteladanan, e) emosional. (2) Metode yang diterapkan pada pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung adalah: a) metode ceramah, b) hafalan c) metode tanya jawab, d) Metode diskusi e) metode karyawisata, dan f) metode bermain peran. (3) Teknik yang diterapkan pada pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung adalah: a) teknik Peta Konsep, b) teknik Group Investigation, c) Teknik Talking Stick, d) Teknik Snawball Thrawing, e) Teknik Tebak Kata, f) poster coment dan g) Debat. (4) Evaluasi yang diterapkan pada pembelajaran Qur’an Hadits dalam membentuk kompetensi siswa di MAN Tlogo Blitar dan MAN 1 Tulungagung adalah: a) tes tulis, b) tes lisan, c) penugasan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umami 175615026 Irma T. Umami
Date Deposited: 14 Feb 2018 07:14
Last Modified: 14 Feb 2018 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7258

Actions (login required)

View Item View Item