ZAHROIL BATUL PUJI LESTARI, 175615056 (2018) IMPLEMENTASI AFL (ASSESSMENT FOR LEARNING) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PAI (Studi Multi Situs di SMPN 1 Pogalan, dan SMPN 1 Gandusari Trenggalek). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini ditulis oleh Zahroil Batul Puji Lestari, NIM. 175615056 Jururan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Implementasi AFL (Assassment For Learning) dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI (Studi Muliti Situs di SMPN 1 Pogalan dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek)”, yang dibimbing oleh Pembimbing 1 Dr. Muniri, M.Pd, M. Pd. Pembimbing 2 Dr Susanto, M.Pd. Kata Kunci: Assassment For Learning, Motivasi, dan Prestasi Pendidikan Agama Islam belum sesuai dengan tujuan-tujuan Pembelajaran Pendidikan Islam untuk itu didalam kegitan pembelajaranya perlu motivasi serta diperlukan penilaian untuk belajar atau dengan istilah AFL, dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar PAI. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1). Bagaimana interaksi guru dan siswa dalam kegiatan AFL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek? (2). Bagaimana implementasi AFL dalam motivasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek? (3). Bagaimana implementasi AFL dalam meningkatkan prestasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek? Berdasarkan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendiskripsikan interaksi guru dan siswa dalam kegiatan AFL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek (2). Mendiskripsikan implementasi AFL dalam motivasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek (3). Mendiskripsikan implementasi AFL dalam meningkatkan prestasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pogalan, dan di SMPN 1 Gandusari Trenggalek Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari person, place, paper. Data-data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan refiew informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk interaksi guru dan siswa terlihat dalam kegiatan guru memimpin do’a, menyampaikan tujuan pembelajaran, pretes, merencanakan pembelajaran dengan siswa, dan memberikan kesempatan pada siswa untuk berpendapat.(2) bentuk implementasi dalam memotivasi siswa dengan guru memberikan soal ke siswa dengan bervareasi, mengadakan tugas individu dan kelompok, penggunaan berbagai macam metode, dan memberi penilaian terhadap hasil kinerja siswa. (3) Prestasi belajar siswa dalam bidang kognitif dilihat dari hasil UH, US, UKK dan penilaian tugas harian, dalam bidang afektif dan psikomotorik terdapat didalam buku kendali siswa, yaitu dalam bidang solat dan hafalan surat-surat jusama.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615056 ZAHROIL BATUL PUJI LESTARI |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 06:29 |
Last Modified: | 12 Feb 2018 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7264 |
Actions (login required)
View Item |