PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG

HIDAYAT ALAM SUDRAJAT, 2817133064 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 1 KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (432kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB)

Abstract

Alam,Hidayat Sudrajat, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunkan Lectora Inspire pada Materi Hubungan Antar Garis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Kampungdalem Tulungagung. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Program Sarjana. IAIN Tulungagung. Pembimbing : Dr. Eni Setyowati, S.Pd.MM. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Hasil Belajar Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika pada materi hubungan antar garis. Produk yang dihasilkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi perkembangan teknologi dan informasi yang merambah kedalam dunia pendidikan sehingga diperlukan inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Faktor lain yang melatar belakangi penelitian adalah observasi yang dilakukakan peneliti yaitu belum memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal dan belum dioptimalkannya laboratorium komputer untuk pembelajaran matetematika. Sehingga berdampak pada hasil belajar matematika peserta didik belum maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimanavaliditas pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Lectora Inspire pada materi Hubungan Antargaris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IV SDN 1 Kampungdalem?, (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Lectora Inspire pada materi Hubungan Antargaris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IV SDN 1 Kampungdalem? dan (3) Bagaimana efektifitas pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan Lectora Inspire pada materi Hubungan Antargaris untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IV SDN 1 Kampungdalem?. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari Borg & Gall (1985) dengan proses yang bersifat deskriptif. Langakah langkahnya yaitu : penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi hasil validasi produk, uji coba lapangan skala kecil, revisi hasil uji coba lapangan skala kecil, uji coba lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, diseminasi. Setelah melakukan seluruh tahapan penelitian, diperoleh analisis data sebagai berikut.1) Hasil validasi para ahlidiperoleh : media RTV sebesar 3,77, materi diperoleh RTV materi sebesar 3,69, soal post testdiperoleh RTV sebesar 3,60, angket respon peserta didik diperoleh RTV angket respon peserta didik sebesar 3,40, lembar observasi aktivitas peserta didik diperolehRTV lembar observasi sebesar 3,64. Dari kelima halis validasi tersebut, media Lectora Inspire yang digunakan telah valid sesuai dengan kriteria kevalidan. 2) Hasil analisis keterterapan yang didapat dari para validator berdasarkan kuesioner pada angket diperoleh bahwa, media Lectora Inspire yang digunakan telah terterapkan dan menunjukkan kriteria keterterapan. 3)Hasil analisis keefektifan, rata-rata respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria positif. Hal ini berdasarkan, nilai rata-rata pada uji coba lapangan skala kecil yaitu 96,25 % dan rata-rata pada uji coba lapangan skala besar yaitu 80,06 %. Begitu juga pada hasil observasi aktifitas peserta didik ketika pembelajaran menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria sangat baik. Hal ini berdasarkan, nilai rata-rata observasi pada setiap pertemuan sebesar 86,04 %. Sedangkan nilai post test, 34 dari 40 peserta didik memperoleh nilai ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa, 85 % dari seluruh peserta didik yang menggunakan media Lectora Inspire telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan seluruh analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media Lectora Inspire yang digunakan telah sesuai dengan kriteria keefektifan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133064 Hidayat Alam Sudrajat
Date Deposited: 15 Feb 2018 03:57
Last Modified: 15 Feb 2018 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7276

Actions (login required)

View Item View Item