MOH. ALVIN FARIH ABDILLAH, 175615034 (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQH BERBASIS KITAB KUNING (STUDI MULTISITUS DI MTs SUNAN KALIJAGA KRANDING MOJO DAN MTs AL-MAKHRUSIYYAH LIRBOYO KEDIRI). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (63kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (216kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (47kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (25kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Moh. Alvin Farih Abdillah, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag dan Dr. H. Asmawi, M.Ag: Implementasi Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqh Berbasis Kitab Kuning (Studi Multisitus di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo dan MTs al-Makhrusiyyah Lirboyo Kediri). Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Tulungagung, 2017. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqh, Kitab Kuning. Pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan karena dengan pendidikan manusia akan mengalami perubahan, baik dari segi pengetahuannya, ketrampilannya, atau keahliannya. Pendidikan yang paling penting adalah pendidikan agama Islam terutama fiqh, karena dalam proses pendidikan inilah kita dapat mengetahui kandungan ajaran agama Islam secara menyeluruh, menghayati makna tujuan, dan pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pegangan hidup. Adapun fokus masalah dari penelitian ini adalah tentang perencanaan pembelajaran mata pelajaran fiqh berbasis Kitab Kuning, pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqh berbasis Kitab Kuning, serta evaluasi pembelajaran mata pelajaran fiqh berbasis Kitab Kuning. Penelitian ini dilaksanakan di dua lokasi penelitian yaitu di MTs Sunan Kalijaga Kranding Mojo dan MTs al-Makhrusiyyah Lirboyo Kediri. Jenis penelitiannya adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencaranaan pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran fiqh adalah dengan mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, alat-alat pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Dalam melakukan penyampaian materi pembelajaran, sebagai tabahan materi pembelajaran guru mata pelajaran fiqh menggunakan Kitab Kuning agar materi yang dibahas dapat semakin luas dan mendalam. Peserta didik di kedua lokasi penelitian didominasi santri. Untuk mengatasi peserta didik yang tidur di dalam kelas, selain guru mata pelajaran fiqh berusaha membuat peserta didik bangun juga bekerja sama dengan pengurus Pondok Pesantren untuk mengoptimalkan penggunaan waktu peserta didik. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan di akhir bab pembahasan dan juga sebelum penyampaian materi pembelajaran guna mengetahui seberapa jauh pengetahuan peserta didik sehingga penyampaian materi pembelajaran dapat lebih efektif dan efisian. Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi secara tertulis dan praktik. Akan tetapi, lebih didominasi evaluasi praktik mengingat pembelajaran berhubungan dengan mu’amalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran fiqh selalu berusaha untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan peserta didik dengan menggunakan Kitab Kuning sebagai tambahan materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 175615034 MOH. ALVIN FARIH ABDILLAH |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 06:28 |
Last Modified: | 26 Feb 2018 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7292 |
Actions (login required)
View Item |