IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KURIKULUM 2013 (studi kasus di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri)

IKLIMA DARA LAROSA, 2817133069 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KURIKULUM 2013 (studi kasus di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (868kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklima Dara Larosa, 2817133069, 2017, “Implementasi Pendekatan Scientific pada Kurikulum 2013 Studi Kasus di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri“ skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing oleh: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Kurikulum, Kurikulum 2013, Pendekatan scientific Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan yang terjadi pada saat ini. Dalam sejarah di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum. Perubahan yang terjadi terus menurus itu didasari pada kesadaran bahwa pentingnya perubahan dan perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum tersebut, untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan saat ini. Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligus merupakan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua jenis dan jenjang pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014. Kurikulum ini adalah pengembangan dari kurikulum sebelumnya, baik Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pendekatan Scientific adalah pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 melalui proses ilmiah. Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan pendekatan scientific pada kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri? (2) Apa faktor penghambat dan pendukung implementasi pendekatan scientific kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri? (3) Bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan implementasi pendekatan scientific kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri? Berdasarkan rumusan tersebut penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan scientific kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi pendekatan scientific kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri (3) Untuk mengetahui upaya apa saja dalam mengatasi hambatan implementasi pendekatan scientific kurikulum 2013 di SDN Kunjang 2 Ngancar Kediri. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN Kunjang 2 implementasi pendekatan scientific belum diterapkan sepenuhnya, hanya menggunakan 3M saja (mengamati, menanya, mengkomunikasikan). Sedangkan faktor pendukung salah satunya kekreatifan guru dalam mengajar, serta media pembelajaran yang sesuai. Media yang sangat sesuai utuk Kurikulum 2013 adalah proyektor, tetapi SDN Kunjang 2 belum memilik media tersebut. Begitupun ada beberapa hambatan yang dialami di SDN Kujang 2 yaitu: media pembelajaran ada beberapa yang rusak, kurangnya perhatian dari orang tua, sehingga dapat menghambat poses belajar mengajar. Adapun upaya guru untuk mengatasi hambatan implementasi pendekatan scientific pada Kurikulum 2013 yaitu: mengadakan kerjasama dengan pihak orang tua, mendatangkan narasumber mengenai Kurikulum 2013.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133069 IKLIMA DARA LAROSA
Date Deposited: 06 Mar 2018 06:11
Last Modified: 06 Mar 2018 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7322

Actions (login required)

View Item View Item