STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHALAT FARDHU SISWA (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan Kabupaten Trenggalek)

NURHIDAYATI, 1756154043 (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SHALAT FARDHU SISWA (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan Kabupaten Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama: Nurhidayati, NIM. 175615043, "Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Disiplin Salat fardhu Siswa (Studi Multisitus di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan Kabupaten Trenggalek)", Tesis 2017, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Muwahid Sulhan, M.Ag, dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci :Strategi, Guru PAI, Disiplin Salat Fardhu Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di era Globalisasi ini, dimana kesibukan-kesibukan duniawi lebih mengalahkan kwajibannya terhadap Allah SWT sebagai sang khaliq. Hal yang demikian juga terjadi di kalangan para pelajar yang teledor dalam melaksanakan salat fardhu. Padahal disekolah juga diajarkan tentang salat baik di sekolah Negeri maupun swasta. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah bagaimana Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Disiplin Salat fardhu Siswa di SMPN 1 karangan dan SMPN 2 Karangan Kabupaten trenggalek, dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut:1) Bagaimana Strategi Penataan Isi bahan ajar oleh guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan?; 2) Bagaimana Strategi Penyampaian Pembelajaran oleh Guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan?; 3) Bagaimana Strategi Pengelolaan Motivasional oleh guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah1) untuk memahami bagaimana Strategi Penataan Isi bahan ajar oleh guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan;2) untuk memahami bagaimana Strategi Penyampaian Pembelajaran oleh Guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan; 3) untuk memahami bagaimana Strategi Pengelolaan Motivasional oleh guru PAI di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, yang berlokasi di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan Kabupaten Trenggalek.Sumber data yang diambil peneliti meliputi data primer dan sekunder yaitu dari informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Hubberman dan Miles yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengujian keabsahan datanya meliputi:credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan convirmability (obyektifitas). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Strategi Penataan Isi bahan ajar oleh guru PAI dalam meningkatkan disiplin salat fardhu siswa di SMPN 1 Karangan dan SMPN 2 Karangan kabupaten Trenggalek adalah dengan cara menarik perhatian siswa, memberitahukan tujuan pembelajaran, menyampaikan pembelajaran; 2) Strategi Penyampaian Pembelajaran oleh Guru PAI dalam meningkatkan disiplin salat fardhu siswa di SMPN 1 dan SMPN 2 Karangan Kabupaten trenggalek adalah dengan menggunakan media pembelajaran, modelling serta penggunaan beberapa metode mengajar, membimbing siswa dengan berbagai pendekatan antara lain pendekatan keteladanan, pembiasaan dan pengalaman;dan 3) Strategi pengelolaan Motivasional oleh guru PAI dalam meningkatkan disiplin salat fardhu siswa di SMPN 1 dan 2 Karangan kabupaten Trenggalek adalah dengan memotivasi dalam setiap kesempatan, membuat catatan siswa serta kontrol pelaksanaan salat dirumah.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756154043 NURHIDAYATI
Date Deposited: 02 Mar 2018 07:17
Last Modified: 02 Mar 2018 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7326

Actions (login required)

View Item View Item