STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUTOR IKAN KONSUMSI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Pasar Ikan Bandung Tulungagung)

AGUNG FAMUJI, 2824133004 (2018) STRATEGI PEMASARAN DISTRIBUTOR IKAN KONSUMSI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus di Pasar Ikan Bandung Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran Distributor Ikan Konsumsi Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Pasar Ikan Bandung Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Agung Famuji, NIM 2824133004, dengan dosen pembimbing Rohmawati, M.A . Penelitaian ini dilatarbelakangi karena pasar merupakan hal yang vital bagi perekonomian masyarakat namun pasar juga merupakan tempat yang rentan akan penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan dan menguntungkan hanya satu pihak. Islam menunjung tinggi sebuah keadilan dan menekankan adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran dan keterbukaan sehingga peneliti bertujuan untuk mengkaji starategi pemasaran distributor ikan konsumsi yang terjadi di pasar ikan bandung sebagai pasar ikan yang terbesar di Tulungagung dan sekitarnya yang ditinjau dengan etika bisnis islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) faktor-faktor apa saja yang mendasari persaingan bisnis distributor ikan konsumsi, (2) bagaimana strategi pemasaran distributor ikan menghadapi persaingan bisnis, (3) apakah strategi pemasaran distributor ikan konsumsi sesuai dengan etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan dengan menggunakan jenis penelitian Field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh bertujuan untuk memberikan informasi gambarkan tentang permasalahan yang di lapangan dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Melalui penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi persaingan bisnis yang terjadi pada pelaku distributor ikan konsumsi meliputi: (1) faktor yang mendasari persaingan dipengaruhi oleh penurunan kualitas dan kuantitas ikan secara alami, keuangan dan pengembangan usaha serta bertambahnya jumlah distributor, (2) strategi dalam menghadapi pesaing bisnis meliputi persaingan tempat, harga, produk dan pelayanan / promosi , (3) strategi pemasaran dalam persaingan bisnis yang terjadi pada para pelaku pengusaha distributor ikan konsumsi di pasar ikan Bandung telah sesuai dengan etika bisnis islam , terbukti dengan aktivitas-aktivitas usaha yang tidak menyimpang dari ajaran islam dan tidak ada pihak yang dirugikan. Kata kunci: strategi pemasaran, persaingan bisnis, etika bisnis islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 2824133004 AGUNG FAMUJI
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:38
Last Modified: 29 Mar 2018 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7378

Actions (login required)

View Item View Item