PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI NU TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

UMI KHOLIFATUN NISAK, 2817133198 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS III MI NU TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Umi Kholifatun Nisak, NIM 2817133198, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing, Kerjasama, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Fiqih Kelas III di MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung yaitu kurang perhatiannya peserta didik pada saat mengikuti proses belajar mengajar dan mereka cenderung bersifat pasif dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu guru juga cenderung menggunakan metode yang sama setiap kali mengajar, sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat dan rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing diharapkan minat belajar didik meningkat sehingga hasil belajar Fiqih juga meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Fiqih materi Aku suka Shalat Witir melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi Aku Suka Shalat Witir melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kerjasama, dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing menggunaakan struktur tujuh tahap dapat meningkatkan kerjasama belajar dan hasil belajar Fiqih peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama belajar peserta didik dari penilaian tindakan peserta didik siklus I ke siklus II yaitu jumlah skor kerjasama peserta didik siklus I adalah 56 (74,67%), yang berada pada kriteria cukup dan jumlah skor kerjasama peserta didik siklus II adalah 71 (94,67%), yang berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar antara siklus I ke siklus II sebesar 15 (20%). Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari penilaian pre test sampai dengan post test siklus I ke post test siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar dari pre test adalah 51 (43%) yang berada pada kriteria sangat kurang dan pada post test akhir siklus I adalah 67 (52%), yang berada pada kriteria sangat kurang, sedangkan pada post test akhir siklus II adalah 91 (86,67%) yang berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar antara siklus I ke siklus II sebesar 24 (34,67%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Aku suka Shalat Witir peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133198 UMI KHOLIFATUN NISAK
Date Deposited: 06 Apr 2018 07:00
Last Modified: 06 Apr 2018 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item