PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NU TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SITI QHALIMAH, 2817133185 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI NU TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ditulis oleh Siti Qhalimah, NIM 2817133185, dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together, Kerjasama, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas III di MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung, yaitu kurang perhatiannya peserta didik pada saat mengikuti proses belajar mengajar, mereka cenderung bersifat pasif dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu guru juga cenderung menggunakan metode yang sama setiap kali mengajar, sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat dan rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha memberikan penawaran untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together diharapkan minat belajar peserta didik meningkat, sehingga hasil belajar Akidah Akhlak juga meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji (Rukun dan Tolong menolong) melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji (Rukun dan Tolong menolong) melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kerjasama, dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri oleh dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together menggunakan struktur tujuh tahap dapat meningkatkan kerjasama belajar dan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kerjasama belajar peserta didik dari penilaian tindakan peserta didik siklus I ke siklus II yaitu jumlah skor kerjasama peserta didik siklus I adalah 56 (74,67%), yang berada pada kriteria cukup dan jumlah skor kerjasama peserta didik siklus II adalah 71 (94,67%), yang berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan antara siklus I ke siklus II sebesar 15 (20%). Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari penilaian pre test sampai dengan post test siklus I ke post test siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar dari pre test adalah 51 (43%) yang berada pada kriteria sangat kurang dan pada post test akhir siklus I adalah 67 (52%), yang berada pada kriteria sangat kurang, sedangkan pada post test akhir siklus II adalah 91 (86,67%) yang berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan antara siklus I ke siklus II sebesar 24 (34,67%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji (Rukun dan Tolong menolong) peserta didik kelas III MI NU Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133185 SITI QHALIMAH
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:59
Last Modified: 06 Apr 2018 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7415

Actions (login required)

View Item View Item