STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multikasus di MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar)

NENDA MARTIASARI, 1751154026 (2018) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENERIMAAN SISWA BARU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multikasus di MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Hubungan Masyarakat dalam Penerimaan Siswa Baru Di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multikasus di MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar)” ini ditulis oleh Nenda Martiasari dengan dibimbing oleh Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. dan Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Hubungan Masyarakat, Penerimaan Siswa Baru Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditengah ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan terutama lembaga pendidikan swasta membuat lembaga pendidikan harus memiliki strategi-strategi yang dapat menonjolkan lembaganya sehingga menarik minat publiknya. Sebuah lembaga dapat dikenal oleh masyarakat adalah dengan melakukan publikasi, disinilah tugas humas sangat penting dalam perputaran arus informasi antara lembaga dengan publiknya, humas harus dapat menyampaikan keunggulan-keunggulan dan prestasi-prestasi yang diraih lembaga pendidikannya pada masyarakat. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana telaah lingkungan humas dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar?; (2) Bagaimana strategi humas pada publik internal dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar?; dan (3) Bagaimana strategi humas pada publik eksternal dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam MTs Ma’arif Udanawu dan SMP Muallimin Wonodadi Blitar?. Penelitian ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan terkait dengan manajemen humas terutama pada strategi hubungan masyarakat dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam. Manfaat bagi lembaga pendidikan yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan penjelasan atau informasi tentang strategi humas dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam. Sehingga dapat digunakan sebagai acuan oleh para pengelola lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu layanan di madrasah dan sekolah. Penelitian tentang strategi hubungan masyarakat dalam penerimaan siswa baru ini menggunakan penelitian kualitataif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data melalui diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi sumber data. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis interaktif, yaitu konseptualisasi, kategorisasi, kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya diadakan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Telaah lingkungan humas dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam dilaksanakan melalui mapping wilayah dan pembagian tim penyampai informasi yang terdiri dari guru dan siswa, telaah lingkungan humas juga dilaksanakan dengan menganalisis keadaan masyarakat sekitar lembaga pendidikan Islam. (2) Strategi pada publik internal dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam dilaksanakan melalui pertemuan kepala sekolah dengan guru dan berbagai kegiatan siswa, (3) Strategi pada publik eksternal dalam penerimaan siswa baru di lembaga pendidikan Islam dilaksanakan melalui membangun jejaring dengan berbagai pihak, yaitu pihak yang secara langsung pernah terlibat (alumni, masyarakat pengguna, orang tua/wali siswa), lembaga terkait dalam penyelenggaraan pendidikan (Kemenag dan Kemdiknas), lembaga perantara (pengurus jama’ah tahlilan dan yasinan atau organisasi masyarakat seperti NU dan Muhammadiyah dan lain-lain), tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat umum serta perusahaan sebagai sponsor saat mengadakan kegiatan besar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1751154026 NENDA MARTIASARI
Date Deposited: 16 May 2018 03:25
Last Modified: 16 May 2018 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7428

Actions (login required)

View Item View Item