PENGARUH SOSIALISASI, PERSEPSI DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MOTIVASI NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

RETNO DWI SETYONINGTIAS, 2823133170 (2018) PENGARUH SOSIALISASI, PERSEPSI DAN CITRA LEMBAGA TERHADAP MOTIVASI NASABAH UNTUK MENABUNG DI BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Sosialisasi, Persepsi dan Citra Lembaga Terhadap Motivasi Nasabah Untuk Menabung di BMT Pahlawan Tulungagung” ditulis oleh Retno Dwi Setyoningtias, NIM 2823133170. Pembimbing Qomarul Huda, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang kurang percaya untuk menyimpan dananya pada sebuah lembaga keuangan khususnya pada BMT. Motivasi nasabah untuk menabung dipengaruhi oleh beberapa variabel diantaranya variabel sosialisasi, persepsi dan citra lembaga. Motivasi menabung adalah sebagai kecenderungan individu untuk bertindak sebelum memilih untuk mengambil keputusan menjadi nasabah meliputi ketertarikan, keinginan dan keyakinan. Ketertarikan ditunjukan dengan adanya dorongan untuk ingin menjadi nasabah BMT Pahlawan Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini (1) Apakah sosialisasi berpengaruh terhadap motivasi nasabah untuk menabung di BMT Pahlawan Tulungagung? (2) Apakah persepsi berpengaruh terhadap motivasi nasabah untuk menabung di BMT Pahlawan Tulungagung? (3) Apakah citra lembaga berpengaruh terhadap motivasi nasabah untuk menabung di BMT Pahlawan Tulungagung? (4) Apakah sosialisasi, persepsi, dan citra lembaga secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi nasabah untuk menabung di BMT Pahlawan Tulungagung ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Sampel yang diambil yaitu nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung sebanyak 100 nasabah. Metode pengumpulan dana yaitu menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan alat bantu SPSS 20.0 menggunakan uji regresi linier berganda dengan tahap sebagai berikut: (1) uji validitas dan reliabilitas, (2) uji normalitas data, (3) uji asumsi klasik, (4) uji regresi linier berganda, (5) uji hipotesis. Dari pengujian SPSS diperoleh persamaan regresi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung sedangkan persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi menabung dan citra lembaga berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi menabung. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel sosialisasi, persepsi dan citra lembaga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi menabung. Angka R square sebesar 0,097 menunjukkan bahwa 9,7% motivasi menabung di BMT Pahlawan Tulungagung dapat dipengaruhi oleh sosialisasi, persepsi dan citra lembaga sedangkan sisanya 90,3% motivasi nasabah di BMT Pahlawan Tulungagung dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kata Kunci : Sosialisasi, Persepsi, Citra Lembaga dan Motivasi Menabung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823133170 RETNO DWI SETYONINGTIAS
Date Deposited: 23 Apr 2018 06:56
Last Modified: 23 Apr 2018 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item