ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PAHLAWAN NGEMPLAK, BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ISTIQOMAH DAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SINAR AMANAH TULUNGAGUNG

NURHAIDA HAFNI, 1741143275 (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) PAHLAWAN NGEMPLAK, BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ISTIQOMAH DAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) SINAR AMANAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analasis Perbandingan Tingkat Pelayanan pada BMT Pahlawan, BMT Istiqomah dan BMT Sinar Amanah" ini ditulis oleh Nurhaida Hafni, dengan NIM. 1741143275, dengan dosen pembimbing Ali Mauludi AC, MA. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh keberadaan BMT di daerah-daerah khususnya Tulungagung yang semakin pesat dimana BMT mampu memberikan sumbangsih terhadap perekonomian lokal dan merupakan jawaban terhadap tuntutan dan kebutuhan permodalan kalangan umat Muslim.Dengan semakin banyaknya BMT di Tulungagung ini, maka persaingan diantara lembaga pun semakin ketat. Seluruh lembaga BMT berlomba-lomba menawarkan dan memberikan kualitas pelayanan sebaik mungkin demi menarik nasabah baru serta mempertahankan nasabah lama. Kualitas pelayanan yang baik dianggap dapat menjadi peran utama untuk menarik nasabah dan mempertahankan eksistensi BMT tersebut. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kualitas pelayanan di BMT Pahlawan, 2) Bagaimana kualitas pelayanan di BMT Istiqomah, 3) Bagaimana kualitas pelayanan di BMT Sinar Amanah, 4) Adakah perbedaan yang signifikan mengenai tingkat pelayanan pada ketiga BMT tersebut. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh ketiga BMT tersebut dan adakah perbedaan pemberian layanan dari ketiga BMT tersebut. Pendekatan penilitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan sumber data yang digunakan adalah primer. Populasi dan subyek penelitian pada masing-masing BMT yaitu sebanyak 30 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas dan normalitas data dan uji statistik independent t-test untuk menguji hipotesis. Dari hasil analisis yang dilakukan, membuktikan bahwa tingkat pelayanan pada BMT Pahlawan, BMT Istiqomah dan BMT Sinar Amanah adalah tidak jauh berbeda. Akan tetapi pada hasil uji analisis BMT Pahlawan dan BMT Istiqomah berkesimpulan bahwa tingkat pelayanan di kedua BMT tersebut adalah tidak sama. Sedangkan kualitas pelayanan pada BMT Istiqomah dengan BMT Sinar Amanah dan BMT Pahlawan dengan BMT Sinar Amanah adalah sama. Kata kunci : Perbandingan, Kualitas Pelayanan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143275 NURHAIDA HAFNI
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:21
Last Modified: 24 Apr 2018 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7579

Actions (login required)

View Item View Item