ANGGUN FIRGIANTI, 1725143020 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MIN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (683kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MIN Rejotangan Tulungagung “ ini ditulis oleh Anggun Firgianti, NIM. 1725143020, Pembimbing Dr. H. Abd. Aziz, M. Pd. I. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Minat Belajar, Strategi Pembelajaran Konstektual, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Strategi Pembelajaran Kooperatif Latar belakang Penelitian ini dilandasi oleh sebuah fenomena bahwa tidak semua pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Minat adalah salah satu faktor internal siswa yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Minat yang tinggi akan belajar membuat siswa semangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang akan dicapai. Untuk memotivasi minat siswa diperlukan strategi tertentu dalam pembelajaran. Sehingga apa yang akan dipelajari dapat diterima langsung dengan mudah oleh siswa di MIN Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana guru meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual di MIN Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana guru meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri di MIN Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana guru menngkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif di MIN Rejotangan Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual di MIN Rejotangan Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri di MIN Rejotangan Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif di MIN Rejotangan Tulungagung. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan review informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) strategi pembelajaran kontekstual menerapkan pembelajaran dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa, bentuk kegiatannya seperti melakukan praktik langsung materi, dan tanya jawab dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. (2) kegiatan pembelajaran strategi pembelajaran inkuiri lebih menekankan berpikir kritis siswa dengan memberikan permasalahan dan tanya jawab untuk mengukur kemampuan siswa. (3) strategi pembelajaran kooperatif menekankan pada pantauan guru untuk mengatur jalannya diskusi. Siswa lebih diarahkan agar apa yang mereka diskusikan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan berkelompok ini melatih siswa untuk bertanggung jawab dan menghargai pendapat yang dilontarkan teman-temannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143020 ANGGUN FIRGIANTI |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 02:09 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 02:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7609 |
Actions (login required)
View Item |