Mahmud, Muhtar Ali (2014) Penerapan Pembelajaran Inovatif dalam pelajaran Aqidah Ahklak Siswa Kelas VII di MTsN Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
I.docx Download (34kB) |
|
Text
II.docx Download (109kB) |
|
Text
III.docx Download (44kB) |
|
Text
IV.docx Download (94kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (34kB) |
|
Text
Urutan Depan Skripsi.rtf Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran, Aqidah Ahklak, model pembelajaran inovatif Penelitian dalam ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa siswa sering merasa kurang tertarik pada saat proses belajar mengajar berlangsung, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Seperti, pada mata pelajaran Aqidah Ahklak hasil belajar siswa relatif rendah, dikarenakan sebagian besar siswa menganggap bahwa mata pelajaran Aqidah Ahklak adalah mata pelajaran yang membosankan. Selain itu penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran Aqidah Ahklak sering kali terlalu dominan, sehingga siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti meneliti penerapan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung? 2) Bagaimana model pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung? 3) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII di MTsN Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat Bagi kepala MTsN Tulungagung, sebagai masukan untuk menentukan haluan kebijakan dalam membantu pembelajaran Aqidah Ahklak. Bagi Guru MTsN Tulungagung, memberikan pertimbangan model pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar Aqidah Ahklak, sehingga dapat mencapai pembelajaran dan tujuan yang diharapkan. Bagi siswa MTsN Tulungagung, untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga lebih giat belajar dan senang terhadap pelajaran. Bagi pembaca dapat dijadikan informasi untuk memperdalam ilmu pengetahuan di bidang pendidikan yang menjadi latar belakang dan dapat digunakan sebagai acuan untuk mengadakan penelitian serupa yang lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Metode tersebut digunakan untuk menggali informasi yang terdapat di lembaga tersebut. Hasil penelitian : 1.) Perencanaan pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak di MTsN Tulungagung. Perencanaan pembelajaran inovatif diarahkan pada lima aspek, yaitu : a) perumusan tujuan pembelajaran, b) pemilihan dan pengorganisasi materi ajar, c) pemilihan sumber belajar/media pembelajaran, d) scenario/kegiatan pembelajaran, e) penilaian hasil belajar yang akan dijelaskan, 2.) Model pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak di MTsN Tulungagung mempunyai model pembelajaran sebagaimana berikut : a) model pembelajaran langsung, b) model pembelajaran kooperatif, c) model pembelajaran berdasarkan masalah, d) model pembelajaran CTL, e) model pembelajaran diskusi kelas, f) model pembelajaran inkuiri, g) model pembelajaran konseptual, 3.) Langkah-langkah pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak di MTsN Tulungagung mempunyai langkah-langkah sebagaimana berikut : siswa dibagi atas beberapa kelompok, materi pelajaran diberikan kepada siswa, setiap kelompok membaca sub bab, kelompok disuruh mendiskusikan. Kesimpulan : bahwa pembelajaran inovatif dalam pelajaran aqidah ahklak kelas VII membawa manfaat pembelajaran. Pembelajaran inovatif di pengaruhi oleh sebuah perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran yang sangat matang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 02:13 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/761 |
Actions (login required)
View Item |