PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI BANGUN DATAR KELAS IV MI NEGERI 3 TULUNGAGUNG

YENI BINTI NURSIYAMI, 1725143306 (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI BANGUN DATAR KELAS IV MI NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dan Realistic Mathematics Education (RME) Materi Bangun Datar Kelas IV MI Negeri 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Binti Nursiyami, NIM. 1725143306, Pembimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Saintifik, dan Realistic Mathematics Education (RME) Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam pembelajaran matematika Kurikulum 2013 guru tidak sepenuhnya menggunakan pendekatan saintifik, guru hanya memberikan materi, memberikan contoh soal kemudian siswa mengerjakan soal, sehingga siswa kurang memahami konsep materi dengan baik. Selain itu siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, membosankan dan bersifat abstrak sehingga hasil belajar siswa relatif rendah. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan alternatif atau penunjang dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Saintifik dan Realistic Mathematics Education materi bangun datar kelas IV MI Negeri 3 Tulungagung, (2) untuk mengetahui pendekatan manakah yang lebih efektif untuk diterapkan pada materi bangun datar antara yang menggunakan pendekatan Saintifik dan Realistic Mathematics Education kelas IV di MI Negeri 3 Tulungagung . Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV MI Negeri 3 Tulungagung yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 66 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas Saintifik (eksperimen 1) dan kelas IV C sebagai kelas Realistic Mathematics Education (eksperimen 2). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait nilai rapot matematika siswa, data sekolah, data guru, dan data siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Saintifik dan Realistic Mathematics Education (RME). Adapun perbedaannya ditunjukkan dengan nilai (kriteria: jika + t tabel ≤ thitung atau – t tabel ≥ t hitung, maka Ha diterima dan H0 ditolak) yaitu -2,018 > - 2,252, dan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,030 < 0,05, maka Ha diterima artinya ada pebedaan hasil belajar matematika melalui pendekatan saintifik dan Realistic Mathematics Education (RME). (2) Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) lebih efektif diterapkan dalam materi bangun datar dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran saintifik dengan rata-rata hasil belajar yaitu 83,5455 > 75,4091.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143306 YENI BINTI NURSIYAMI
Date Deposited: 10 Jul 2018 03:18
Last Modified: 10 Jul 2018 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7675

Actions (login required)

View Item View Item