STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

ARTIKA NOR ANJAR WATI, 1725143033 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Artika Nor Anjarwati, NIM. 1725143033, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh: Mustofa, S.S. M.Pd. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Guru, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa guru adalah sosok yang menjadi panutan siswa dan guru memiliki tugas untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Strategi pembelajaran harus dimiliki seorang guru karena dengan adanya strategi yang tepat akan membuat pembelajaran semakin diminati peserta didik, tanpa adanya strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah diterapkan tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Diharapkan dengan strategi yang tepat prestasi belajar siswa dapat meningkat. Namun, dalam pemilihan strategi pembelajaran guru antara sekolah satu dengan sekolah yang lain akan berbeda. Untuk itu peneliti akan membahas tentang strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar baik dari strategi pembelajaran guru, faktor yang menghambat dan solusi dari hambatan strategi pembelajaran guru. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam menigkatkan prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam menigkatkan prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. (2) Untuk mengetahui faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: sumber manusia dan non manusia. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles and Huberman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar adalah pemilihan metode pembelajaran yang meliputi metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, dan menggunakan metode Wahdah. Pemilihan media pembelajaran yang meliputi media gambar dan power point audiovisual. Pemilihan dan pengembangan materi yang meliputi materi dari sumber lain, dalil, gambar/objek yang sesuai materi. (2) Faktor yang menghambat strategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, dibedakan menjadi 2 yaitu internal maupun eksternal. Faktor Internal adalah kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, Kurang motivasi, materi yang terbatas, ketersediaan waktu yang terbatas, sedangkan faktor Eksternal adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah. (3) Solusi dalam mengatasi hambatan stategi pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, hambatan internal adalah adanya ekstrakurikuler madrasah diniyah, tahfidzul Al-Qur’an, membaca kitab kuning, pertanyaan umpan balik dari guru. Sedangkan untuk hambtan Eksternal adalah adanya hubungan yang baik antara pihak sekolah dengan pihak keluarga dan sarana-prasarana yang kurang, bisa diminimalisir dengan kreatifitas guru saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143033 ARTIKA NOR ANJAR WATI
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:02
Last Modified: 26 Jul 2018 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7687

Actions (login required)

View Item View Item